POTENTIALS OF FACEBOOK AS A PEDAGOGICAL TOOL FOR COLLEGE LECTURERS Julia
Abstract
Dengan ditemukannya komputer dan World Wide Web (www) dalam dua dekade terakhir, cara baru dalam online-communication -yang dikenal sebagai teknologi Web 2.0, seperti blogs, micro-blogging, podcasts, wikis, situs jaringan sosial, dunia maya (virtual world), video sharing, dan photo sharing– telah muncul dengan potensi keunikannya masing-masing di dunia komunikasi dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan situs jejaring sosial, Facebook.com, sebagai alat bantu pendidikan bagi dosen dan mahasiswa di Universitas Pelita Harapan (UPH). Dengan menggunakan metode kualitatif melalui proses wawancara terhadap 10 dosen, peneliti menanyakan beberapa pertanyaan seputar penggunaan Facebook dan apa alas an mereka menggunakan medium tersebut sebagai alat bantu dalam mendukung kegiatan belajar-mengajar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Facebook ketika digunakan secara rutin, mendorong relasi yang baik antara dosen dan mahasiswa, yang kemudian menghasilkan perilaku positif pada lingkungan belajar-mengajar yang merupakan hasil yang belum pernah diantisipasi.
Kata kunci: Facebook, situs jejaring sosial, interaksi di kelas, komunikasi dan pendidikan, perangkat pedagogi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Indexed by:
Archived in:
Listed in:
INTERNATIONAL ASSOCIATION FOR MEDIA AND COMMUNICATION RESEARCH