UTILIZATION OF COVID-19 DIGITAL MEDIA LITERACY THROUGH THE NEW HABIT MARBLE ONLINE GAME IN EARLY CHILDREN

Laurencia Steffanie Mega Wijaya Kurniawati, Rustono Farady Marta, Mercedes Amanda

Abstract


Abstract

The rapidly developing communication and information technology has forced government agencies to adapt by disseminating information or educating the public through digital media. MARBEL online games with the theme of new habits provide a means of disseminating education related to the importance of maintaining a clean and healthy body, especially for early childhood. This study aims to analyze the content of the game using Philip Mayring's qualitative content analysis method regarding categorized interpretations based on characteristics in a reality, which in this study is a game for early childhood MARBEL New Habits. This is in line with government policies and efforts to harmonize community activities in the new normal era. In addition, it is also supported by the optimization of the use of Digital Media Literacy as a theoretical framework that is presented to understand the importance of technological advances in the midst of the COVID-19 Pandemic, this conceptual dimension that is comprehensively discussed also functions as a cognitive construction tool for early childhood related to a new hygiene culture known as a protocol. health. The results of this study show that the ability to play online which is close to the child's environment can have a significant positive effect, especially on new habits of early childhood, as well as show that technological advances provide opportunities for policymakers to disseminate information and education to the community.

Keywords: Content Analysis, Mayring, MARBEL Online Game, COVID-19, Digital Media Literacy.

Abstrak

Teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang pesat membuat lembaga pemerintah harus ikut beradaptasi dengan melakukan penyebaran informasi ataupun edukasi masyarakat melalui media digital. Permainan daring MARBEL dengan tema kebiasaan baru memberikan sarana dalam penyebaran edukasi terkait pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh khususnya bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan menganalisis konten permainan tersebut menggunakan metode analisis isi kualitatif Philip Mayring mengenai interpretasi yang dikategorisasikan berdasarkan karakteristik dalam sebuah realitas, yang dalam penelitian ini adalah permainan bagi anak usia dini MARBEL Kebiasaan Baru. Hal ini sejalan dengan kebijakan dan upaya pemerintah guna menyelaraskan aktivitas masyarakat dapat berlangsung dengan baik di era new normal. Selain itu juga ditunjang optimalisasi penggunaan Literasi Media Digital sebagai rerangka teoritis yang dihadirkan untuk memahami pentingnya kemajuan teknologi di tengah Pandemik COVID-19, dimensi konsptual yang dibahas secara komprenhensif ini difungsikan pula sebagai alat konstruksi kognitif anak usia dini terkait budaya kebersihan baru yang dikenal sebagai protokol kesehatan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan kemampuan permainan daring yang berada dekat pada lingkungan anak dapat memberikan pengaruh positif khususnya pada kebiasaan baru anak usia dini secara signifikan sekaligus memperlihatkan bahwa kemajuan teknologi memberikan peluang bagi pemangku kebijakan dalam penyebaran informasi maupun edukasi kepada masyarakat.

Kata kunci: Analisis Konten, Mayring, MARBEL, COVID-19, Literasi Media Digital.

 

To cite this article (7th APA style):

Kurniawati, L. S. M. W., Marta, R. F. & Amanda, M. (2020). Utilization of Covid-19 Digital Media Literacy through the New Habit Marble Online Game in Early Children. Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication, 10(2), 105-115. http://dx.doi.org/10.36782/jcs.v10i2.2142

 

 


Keywords


Content Analysis; Marying; MARBEL Online Game; COVID-19.

References


Andini, I. (2014). Ketaksaan Tindak Tutur Dalam Wacana Humor Pada Acara Sentilan Sentilun Di Metro Tv. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.21009/bahtera.131.02

Anisah. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84.

Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 204–208. https://doi.org/10.24198/dharmakarya

ANWARI, F. N. (2020). Kemenparekraf Umumkan 10 Game Pemenang Program Gelora 2020 — Asosiasi Game Indonesia. Https://Www.Agi.or.Id/.

Arifin, Z. A. L. S., Sumarwan, U., & Najib, M. (2020). The Influence of Marketing Mix on Brand Image, Motivation and Students Decision to Choose Graduate Studies of IPB University. Journal of Consumer Sciences, 5(2), 139–156. https://doi.org/10.29244/jcs.5.2.139-156

Ayu Indah Puspita, D. S. R. (2013). Melalui Cara Personal Selling Di Perpustakaan. ILMU PERPUSTAKAAN, 2, 1–6.

Azis, I. (2020). Yuk, Main Game Sambil Belajar Tentang COVID-19 - Tirto. Https://Tirto.Id/.

Azis, T. N. (2019). Pendidikan dan Dakwah Melalui Media Sosial.

Bappenas. (2017). Kementerian PPN/ Bappenas. Kementerian PPN/ Bappenas. http://staging.kompak.or.id/userfiles/media/20170213-Policy-Brief-Dana-Desa_Bahasa-FINAL.pdf

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497

Christian, M. (2019). TELAAH KENISCAYAAN IKLAN DI KANAL YOUTUBE SEBAGAI PERILAKU KHALAYAK DI KALANGAN MILENIAL. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(2), 141–158.

CNN Indonesia. (2020). Corona Dongkrak Jumlah Penonton TV dan Serial Anak. In CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200325082843-241-486707/corona-dongkrak-jumlah-penonton-tv-dan-serial-anak

Damayanti, E., Ahmad, A., Bara, A., Islam, U., & Alauddin, N. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22.

David, E. R. (Eribka), Sondakh, M. (Mariam), & Harilama, S. (Stefi). (2017). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, 6(1).

Evelina, L. W. (2020). Peran Media Sosial Kamibijak . id dalam Menciptakan Akses Daring Ramah Disabilitas Untuk Teman Tuli Bahasa Isyarat Indonesia atau SIBI . Kedua , Bahasa Isyarat Indonesia atau Bisindo . Bahasa Isyarat Indonesia ini dikenal sebagai budaya tuli Indonesia yan. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 20–36. ejournal.amikompurwokerto.ac.id

Foley, K., Ward, P., & McNaughton, D. (2019). Innovating Qualitative Framing Analysis for Purposes of Media Analysis Within Public Health Inquiry. Qualitative Health Research, 29(12), 1810–1822. https://doi.org/10.1177/1049732319826559

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). ANALISIS STRUKTUR NARATIF DAN PANDANGAN MAHASISWA UNPRI TERHADAP CERITA RAKYAT NIAS. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hanum, K. (2015). Aktivitas Game Online Siswa SD ( Kelas 3-6 ) ( Studi Deskriptif Di Warnet Kelurahan Gunung Anyar Kota Surabaya ). AntroUnairdotNet, 4(2), 137–146.

Hidayat, R. (2018). Game-Based Learning: Academic Games sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan. Buletin Psikologi, 26(2), 71. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.30988

Indonesia, U. P. (2013). Agus Mulyana, 2013 Konsep Pendidikan Islām Menurut Ḥ asan Al- Bannā (Studi Literatur Pemikiran Ḥ asan Al- Bannā tentang Pendidikan Islām dalam Buku Risalah Pergerakan Ikhwānul Muslimīn) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.

Intyaswono, S., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Peran Strategi City Branding Kota Batu dalam Trend Peningkatan Kunjungan Wisatawan Mancanegara. Jurnal Administrasi Bisnis, 30(1), 65–73. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A

Kiky, A. (2020). Manajemen Resiko terhadap Black Swan Event Maret 2020 di Indonesia. Studi Kasus Efek COVID-19 Terhadap Pasar Modal Indonesia. Jurnal Bina Manajemen, 8(2), 90–105.

Kompas.com. (2021). Update Corona Global_ 10 Negara dengan Kasus Terbanyak _ Kata WHO soal Asal COVID-19 Halaman all - Kompas. Www.Kompas.Com.

Kristanto, A. (2016). Aplikasi teknologi pendidikan di sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4, 13–16.

Kriyantono, R., & Sa’diyah, H. (2018). Kearifan Lokal dan Strategi Komunikasi Public Relations di BUMN dan Perusahaan Swasta. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 171–188. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1480

Kurniawati, L. S. M. W., & Wahjudi, S. (2019). Analisis Isi Pada Program Desta and Gina in the Morning Pada Radio Prambors Jakarta. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 13(1), 43–67. https://doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1789

Marta, R. F., Fernando, J., & Kurniawati, L. S. M. W. (2020). Tinjauan Peran Komunikasi Keluarga Pada Kinerja Public Relations Melalui Konten Laman Resmi Media Daring Kpppa. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(01), 30–42. https://doi.org/10.46937/18202028620

Marta, R. F., Fernando, J., & Simanjuntak, R. F. (2019). EKSPLIKASI KUALITAS KONTEN PERAN KELUARGA PADA INSTAGRAM @KEMENPPPA. Journal of Communication Ettisal, 4(2). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/ettisal/article/view/3702

Marta, R. F., Prasetya, A. A., Laurensia, B., Stevani, S., & Syarnubi, K. L. (2020). Imbalance Identity in E-Sports News Intersectionality on COVID-19 Pandemic Situation. Jurnal ASPIKOM, 5(2), 206. https://doi.org/10.24329/aspikom.v5i2.769

News, T. (2021). Update COVID-19 Global 8 Februari 2021_ Total Kematian di Seluruh Dunia 2,3 Juta - Tribunnews. TribunNews.Com.

Novianti, D., & Fatonah, S. (2018). Literasi Media Digital di Lingkungan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 1–14.

Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Prasetyo, D. W., Hidayat, E., Marta, R. F., Kurniawati, L. S. M. W., & Chinmi, M. (2020). PATRON-CLIENT RELATIONSHIP BETWEEN VILLAGE HEADS AND THEIR RESIDENTS DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Jurnal Mimbar, 36. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/6845

Pratama, U. N., & Haryanto, H. (2018). Pengembangan game edukasi berbasis android tentang domain teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12827

Ratnaya, I. G. (2011). Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informatika Dan Komunikasi Dan Cara Antisifasinya. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 8(1), 17–28. https://doi.org/10.23887/jptk.v8i1.2890

Samiudin. (2017). Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Untuk Menyesuaikan Cara Mengajar yang Diberikan. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 12(1), 1–9.

Sandy, B., Kurniawati, L. S. M. W., Marta, R. F., Dimyati, D., & Hidayat, E. (2020). MENARASIKAN PENCAK SILAT PADA IKLAN MARJAN. 9(2), 130–140.

Saputra, R. (2019). MEMBANGUN KARAKTER “GENIUS” ANAK USIA DINI. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sari, Y. I. (2020). Sisi Terang Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 89–94. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3878.89-94

Senova, A. (2016). LITERASI MEDIA SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI TIM SUKSES RELAWAN PEMENANGAN PEMILIHAN PRESIDEN Jokowi JK DI BANDUNG. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 142–153. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n2.3

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327

STUDIO, E. (2011). EDUCASTUDIO - MARBEL. EDUCA STUDIO. https://www.educastudio.com/about-us/

STUDIO, E. (2020). Marbel Kebiasaan Baru for Android - APK Download.

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243

TANO NAZOEAGGI. (2011). ANALISIS ISI PESAN KREATIF IKLAN MEDIA CETAK PERAIH MEDALI EMAS PENGHARGAAN BULANAN DALAM FORUM HTTP://WWW.ADSOFTHEWORLD.COM.

Tatminingsih, S. (2017). Dampak Penggunaan Tik Terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Studi Kasus Pada Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Pendidikan, 18(1), 42–52. https://doi.org/10.33830/jp.v18i1.281.2017

Tri, S., & Atika, N. H. (2018). Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (P2TIK) Sektor Pendidikan 2018. Badan Pusat Statistik Sumber Ilustrasi/Graphics. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=Mjc5NzE4NDVhOWQ2MTYzNDEzMzNkMTAz&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTgvMTIvMjQvMjc5NzE4NDVhOWQ2MTYzNDEzMzNkMTAzL3BlbmdndW5hYW4tZGFuLXBlbWFuZmFhdGFuLXRla25vbG9naS1pbmZvcm1hc2ktZGFu

Triastuti, E., Andrianto, D., & Nurul, A. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja. In Puskakom UI. http://literasidigital.id/books/kajian-dampak-media-sosial-bagi-anak-dan-remaja/

Viona, V., Yohanes, K., Kurniawati, L. S., Marta, R. F., & Isnaini, M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, I(2).

Warsita, B. (2014). Kontribusi Teori Dan Teknologi Komunikasi Dalam Teknologi Pembelajaran. Jurnal Kwangsan, 2(2), 71. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i2.16


Full Text: PDF (En)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.


Indexed by:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/sinta-333_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/doaj_120_02 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/base_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/smalllogo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/ebsco_120http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/crossref_120. http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/wcd_120http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120_01 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/neliti-blue_02_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/wroad_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/news-217_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/scilit_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/onesearch_1_160 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/mas_176

Archived in:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/imperial_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/aut_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/leiden_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/t_lib_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/bu-lib_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/m_libraries_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/565_2_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/harvard_lib_120

Listed in:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/iamcr_120

INTERNATIONAL ASSOCIATION FOR MEDIA AND COMMUNICATION RESEARCH