REPRESENTASI FEMINISME DALAM MEDIA UNTUK PRIA TALKMEN.COM
Abstract
Manusia saat ini disebut sebagai manusia informasi, di mana manusia mendapatkan berbagai informasi dalam berbagai kemasan yang beraneka ragam. Informasi yang disajikan semakin berkembang, disesuaikan juga dengan kebutuhan dan segmentasi informasinya merupakan jawaban dari budaya dan gaya hidup masyarakat perkotaan yang bukan lagi menjadi kebutuhan tersier. Majalah online TalkMen.com menyajikan informasi yang diberikan adalah mengenai gaya hidup dan tren yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budaya pria di Indonesia. Namun, majalah ini juga menyajikan rubrik The Talk dan The Lovely Ladies, dalam rubrik ini disajikan informasi bagaimana tokoh yang sedang tren dan digemari, yang mana informasinya dikemas dengan eksklusif. Tujuan penulisan ini ingin melihat bagaimana representasi mengenai maskulinitas dan feminitas dalam media untuk pria TalkMen.com melalui tanda-tanda yang ditampilkan dalam rubrik The Talk dan Lovely Ladies. Penulis menggunakan pandangan feminisme liberal untuk mengetahui bagaimana media TalkMen.com mengkonstruksi wanita dalam media online dengan menggunakan metode kualitatif analisis semiotika oleh Charles Sanders Pierce. Melalui rubrik The Talk dan Lovely Ladies, majalah TalkMen.com ingin menempatkan wanita dalam posisi yang sama dengan pria. Hal tersebut karena semua tokoh pria dan wanita yang ada dalam kedua rubrik ini merupakan tokoh yang dipilih karena memiliki pencapaian atau pengaruh yang besar terhadap masyarakat.
Nowadays, humans are known as information mankind, where we obtain informations in many various package. Informations being conveyed more progressively, being made suitable to the needs and its segmentation is the answer to the culture and lifestyle of urban people which is no longer considered as a tertiary needs. Online magazine TalkMen.com provides information about trends and lifestyle of the current needs and culture of men in Indonesia. However, this magazine also provides columns, i.e: The Talk and Lovely Ladies. The coloumns present informations about trending public figures and its being packaged exclusively. This article aims to observe how TalkMen.com represents masculinity and feminism in their media through signs which is displayed in The Talk and Lovely ladies. The author uses liberal feminism point of view to know TalkMen.com constructs women ini their online media using semiotics analysis qualitative method of Charles Sanders Pierce. Through those coloumns, TalkMen.com wants to position women at the same hierarchy as men. It is due to the figures in these coloumns, both men and women, are selected because of their achievements and/or great influence to the society.
Keywords
References
Buku
Baran (2012). Introduction to Mass Communication: Media Literacy and Culture. United States: McGraw-Hill:.
Bungin, Burhan (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Craig, Richard (2005). Online Journalism: Reporting, Writing and Editing for New Media. Boston: Wadsworth.
Griffin, EM. (2006). First Look at Communication Theory. 8th- International Edition. Singapore: McGrew – Hill Education (Asia).
Hall, Stuart (2003). The Work of Representation. Representation: Cultural Representation and Signifying Practices. London: Sage Publication.
Herdiansyah, Haris (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Hoed, Benny (2010). Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Jakarta: Komunitas Bambu.
Hollow, Joanne (2000). Feminisme, Feminitas, dan Budaya Populer. Jakarta: Jalasutra.
Ibrahim, Subandy (2011). Budaya Populer Sebagai Komunikasi. Bandung: Jalasutra.
Pawito (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS.
Romli, Asep (2012). Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Silalahi, Ulber (2010). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sobur, Alex (2006). Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.
Sumadiria, Haris (2011). Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Jurnal, Skripsi, dan Tesis
Ayun, Primada Qurrota (2011). Representasi Perempuan dalam Rubrik “Sosialita” Koran Kompas. Semarang: Universitas Diponegoro.
Christandi, Denny Briellian (2013). Representasi Perempuan dalam Film Sang Penari, Kajian Semiotika Roland Barthes. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Fajriah, Nurlaelatul (2011). Analisis Semiotik Film Cin(T)a Karya Samaria Simanjuntak. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Kurnia, Novi Kurnia (2004). Representasi Maskulinitas dalam Iklan. Jakarta: Universitas Indonesia.
Kusumawati (20100. Gaya Bahasa yang Digunakan dalam Iklan Produk Kecantikan Perawatan
Kulit Wajah di Televisi. Solo: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Putra, Prastia (2009). Kegiatan Penulisan Berita dan Feature pada Bagian Redaksi Majalah a+. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.
Rawung, Lidya Ivana (2013). Analisis Semiotika Pada Film Laskar Pelangi. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Rosalina (2012). Representasi Maskulinitas dalam Iklan, Analisis Semiotika Iklan Produk Khusus Pria:Extra Joss, Surya Pro Mild, dan Vaseline Men Face Moisturiser. Jakarta: Universitas Indonesia.
Saida Akmaliatus (2009). Gaya Bahasa dalam Cerita Madre Karya Dewi Lestari. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sudarwati, dan Jupriono (1997). Betina, Wanita, Perempuan: Telaah Semantik Leksikal, Semantik Historis, Pragmatik. Surabaya: Universitas 17 Agustus.
Widiastuuti, Tuti (2004). Distorsi Makna dan Nilai Profeminisme dalam Iklan Layanan Masyarakat Program Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi: Sebuah Kajian pada Iklan Layanan Masyarakat Produksi BKKBN Tahun 1970-2000. Jakarta: Universitas Indonesia.
Publikasi Elektronik
Bambang Sukma Wijaya Wordpress (2008). Teoriteori Semiotika, Sebuah Pengantar. http://bambangsukmawijaya.wordpress.com/2008/02/19/teori-teori-semiotikasebuah-pengantar/. Diakses pada 2 Juli 2014.
Id Techasia (2014). Inilah 7 Website Terpopuler Yang Menyajikan Konten Khusus Pria di Indonesia. http://id.techinasia.com/7-portal-online-pria-indonesia/. Diakses pada 22 Juli 2014.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia (2011). Gender. http://www.kemenpppa.go.id/v3/index.php/glosari/gender. Diakses pada 24 Juli 2014.
Studi Mode (2012). Gender In TheMass Media Projecting. http://www.studymode.com/essays/Gender-In-The-Mass-Media-Projecting-1143003.html. Diakses pada 2 Juli 2014.
TalkMen.com (2014). Adhitya Putri, Dwell on the Beauty of Life. http://www.talkmen.com/articles/read/9 62/adhitya-putri-dwell-on-the-beauty-oflife/ Dakses pada 29 Maret 2014.
TalkMen.com. (2014). Aisya Adiputri - True Beauty, Inside and Out. http://www.talkmen.com/articles/read/402/women-we-love-14-aisya-adiputri/. Diakses pada 29 Maret 2014.
TalkMen.com. (2014). Alexandra Asmasoebrata – The Fast and Fabulous. http://www.talkmen.com/articles/read/378/women-we-love-12-alexandraasmasoebrata/. Diakses pada 29 Maret 2014.
TalkMen.com. (2014). Gadis Ayunda Rusman - Domineering Girl Who Loves Music. http://www.talkmen.com/articles/read/343/women-we-love-9-gadis-ayundarusman/. Diakses pada 29 Maret 2014.
TalkMen.com. (2014). The Talk – Fariz RM. http://www.talkmen.com/articles/read/973/the-talk-fariz-rm/ . Diakses pada 25 Juni 2014.
TalkMen.com. (2014). The Talk: Addie MS. http://www.talkmen.com/articles/read/541/the-talk-addie-ms/ . Diakses pada 29 Maret 2014.
TalkMen.com. (2014). The Talk: Ardiansyah Bakrie. http://www.talkmen.com/articles/read/503/the-talk-ardiansyah-bakrie/ . Diakses pada 29 Maret 2014.
TalkMen.com. (2014). The Talk: Denny Soemargo. http://www.talkmen.com/articles/read/294/the-talk-denny-sumargo/. Diakses pada 29 Maret 2014.
TalkMen.com. (2014). The Talk: Dion Wiyoko. Diakses pada 29 Maret 2014. http://www.talkmen.com/articles/read/891/the-talk-dion-wiyoko/ . Diakses pada 29 Maret 2014.
TalkMen.com. (2014). Tutur Sensual Vinna Garcia. http://www.talkmen.com/articles/read/1340/tutur-sensual-vinna-gracia/ . Diakses pada 29 Maret 2014
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Indexed by:
Archived in:
Listed in:
INTERNATIONAL ASSOCIATION FOR MEDIA AND COMMUNICATION RESEARCH