ONLINE CONSUMERS AND THE APPLICATION OF USES AND GRATIFICATION THEORY Case Study: The Kaskus Website
Abstract
Dalam kehidupan keseharian, kita tidak dapat terhindar dari perkembangan teknologi komunikasi yang semakin cepat terutama di bidang new media. Akses untuk website dan internet forum site merupakan salah satu benefit yang ditawarkan dari new media yang paling diminati oleh pengguna internet di Indonesia. Bertambahnya internet forum site yang memberikan kemudahan secara online untuk para pengguna internet untuk dapat melakukan percakapan dalam bentuk pesan yang di-posting juga menambah keramaian penggunaan internet di Indonesia. Penelitian ini ingin mengungkapkan bagaimana keberhasilan salah satu internet forum site yaitu Kaskus sebagai situs lokal yang paling sering dikunjungi dan mempunyai anggota terbanyak sehingga menempati posisi keenam dalam peringkat 10 Top Sites in Indonesia. Penggunaan teori uses and gratification diperlukan untuk menganalisis perkembangan situs kaskus serta consumer online yang sifatnya aktif dan dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif menggunakan in-depth interview baik terhadap para pengelola situs Kaskus maupun pengguna situs sebagai sumber data. Hasil yang dicapai dari penelitian ini menyatakan bahwa keberhasilan situs Kaskus tidak jauh dari fitur teknologi web 2.0 yang dapat memfasilitasi komunikasi interaktif di antara pengguna dan konten situs yang memang dihadirkan berdasarkan kebutuhan para pengguna situs tersebut.
Kata Kunci: media baru, khalayak aktif, komunikasi interaktif, teori uses and gratification, situs forum internet.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Indexed by:
Archived in:
Listed in:
INTERNATIONAL ASSOCIATION FOR MEDIA AND COMMUNICATION RESEARCH