STRATEGI PENGGUNAAN E-TKI SEBAGAI WAHANA DALAM MENGATASI KESENJANGAN INFORMASI
Abstract
Informasi yang diterima calon TKI dan TKI masih kurang karena pemerintah yang bertugas dalam pelayanan dan penempatan TKI belum optimal dalam memberikan informasi kepada mereka. Berbagai keluhan yang disebabkan oleh kurangnya akses dan fasilitas pelayanan informasi dapat diminimalisir, apabila pemerintah semakin intensif dalam menyampaikan informasi hingga menjangkau tiap calon TKI dan TKI. Informasi ini berguna untuk memberdayakan TKI sehingga mereka tidak mudah percaya kepada sponsor, calo atau perusahaan jasa tenaga kerja dan berani menolak tindakan sewenang-wenang majikan yang bertentangan dengan hak dan kewajiban mereka sebagai TKI. Metode dalam penulisan ini adalah studi kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam strategi untuk memenuhi informasi itu, peranan difusi inovasi dan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kinerja pelayanan informasi kepada TKI. Penggunaan sarana teknologi informasi dan komunikasi disadari sebagai suatu keharusan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dari tiap upaya memberikan informasi kepada TKI. Pelayanan informasi dapat diberikan tidak hanya melalui komunikasi tatap muka tetapi juga melalui internet atau informasi online yang didukung oleh e-TKI. Penguatan sistem informasi melalui penerapan tahapan strategi difusi inovasi dan informasi ini adalah untuk memberikan pelayanan terhadap informasi TKI yang cepat, mudah, efektif, efisien dan terintegrasi secara online. Kebijakan pengembangan e–TKI ini merupakan komitmen pemerintah untuk terus menyempurnakan sistem pelayanan informasi TKI kepada masyarakat.
Kata kunci: e-TKI, inovasi, difusi informasi dan inovasi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Indexed by:
Archived in:
Listed in:
INTERNATIONAL ASSOCIATION FOR MEDIA AND COMMUNICATION RESEARCH