Business Plan Laundry Sepatu Berbasis Online “Barlutions”
Abstract
Indonesia adalah negara dengan tingkat penduduk terbesar ke 4 di dunia, diketahui 269 juta jiwa atau 3,49% dari total populasi dunia. Khususnya Ibukota negara Indonesia, DKI Jakarta merupakan wilayah dengan tingkat penduduk terpadat di Indonesia. Pertumbuhan penduduk yang pesat sangat berdampak terhadap perekonomian suatu wilayah. Apalagi pertumbuhan teknologi dan media digital di era global yang terus meningkat memberikan dampak yang positif terhadap para pengusaha UMKM di Jakarta. Laundry sepatu online Barlutions merupakan usaha dibidang jasa perawatan sepatu didaerah Jakarta timur. Barlutions panggilannya telah memanfaatkan media sosial untuk strategi pemasaran dengan melalui Instagram, Whatsapp, Website dan lainnya. Barlutions juga menggunakan media e-cash (Ovo, Go-pay, Shopee pay, Link-aja, M-banking) ataupun secara tunai melalui pembayaran nya. Penelitian ini, Barlutions menggunakan analisis SOSTAC® sebagai instrument untuk penerapan dan pengembangan strategi bisnis ke depannya. Penilaian kelayakan rencana bisnis Barlutions dilakukan dengan parameter analisis ratio B/C dan Payback Period. Hasil penilaian Barlutions menunjukan ratio B/C sebesar 2,53 dengan payback period 9 bulan 6 hari, yang diartikan bisnis usaha layak dilakukan karena benefit lebih besar dari pengeluaran.
Keywords
References
Ananda, A, D., & Susilowati, D. (2017). “Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) berbasis industry kreatif di kota malang”. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 1(1), 120-142.
Barney, J. B. (2001). Resource-based theories of competitive advantage: A ten-year retrospective on the resource-based view. Journal of Management, 27(6), 643– 650. https://doi.org/10.1177/014920630102700602
Basu Swasta & Ibnu Sujojto. W, Pengantar Bisnis Modern Pengantar Perusahaan Modern, (Yogyakarta: Liberty Offset Yogyakarta, 2000).
Chaffey, D., & Smith, P. (2013). eMarketing eXcellence: Planning and optimizing your digital marketing. In e-Marketing essentials
Dewi, VNL. 2013. Asuhan Neonatus Bayi Dan Anak Balita. Jakarta: Salembay Medika
Kotler, P., & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid.1 (Bob Sabran (ed.); Ed.12). Erlangga
Mulyadi¹, B., Jaroji, M. K., Tedyyana, A. (2019). “Aplikasi Sistem Pemesanan Jasa Laundry (E-Laundry) Berbasis Android”. Jurnal Sistem Informasi 1(1). 48-56.
Prasetijo, Ristiyanti. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi 1. Yogyakarta : Andi
Purwanto, I & Suwandi. (2019). “Rencana Bisnis Kuliner Bebek Blengong di Jakarta” Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) 2(2). 109-114.
Santoso, Singgih (2017). Menguasai Statistik dengan (SPSS) 24. Jakarta: PT Alex Media Kkomputindo
Satria & Ayu Prameswari. (2011). strategi pengembangan industri kreatif untuk meningkatkan daya saing pelaku ekonomi lokal. jurnal aplikasi managemen, 9, 301-308.
Shite, R. (2000). Laundry and dry cleaning. Surabya : SIC
Sugiyono, D. (2008). Metoe penelitian bisnis. Bandung : Pusat Bahasa Depdiknas.
Katadata.co.id. (2019, 29 April). Jumlah penduduk Indonesia terbesar keempat. Diakses pada 15 Januari 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/29/jumlah-penduduk-indonesia-269-juta-jiwa-terbesar-keempat-
StatistikJakarta.go.id. (2020, 26 Maret). Kepadatan penduduk DKI Jakarta saat ini. Diakses pada 15 Januari 2021, dari http://statistik.jakarta.go.id/berapa-kepadatan-penduduk-dki-jakarta-saat-ini/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
Editorial Office :
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)
Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Rasuna Epicentrum, Kuningan. Jakarta Selatan 12920. email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.