KAJIAN PENGARUH IMPLEMENTASI HUMAN CAPITAL INFORMATION SYSTEM (HCIS) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN HUMAN CAPITAL (HC) PADA PERUSAHAAN KPN CORP
Abstract
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi Human Capital Information System (HCIS) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan HC pada perusahaan KPN Corp. Selain itu ingin mengkaji dan mendeskripsikan fungsi-fungsi HC dalam mendukung program HCIS. Data yang dipergunakan adalah data yang berasal dari sistem dan modul HCIS di Perusahaan KPN Corp. Model analisis yang digunakan dimulai dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner kualitas pelayanan (SERVQUAL) dan Human Capital Information System (HCIS) dengan teknik probably sampling kepada 100 karyawan aktif yang bekerja pada KPN Corp. Untuk melihat sebaran dan validitas variabel-variabel melalui uji validitas dan reliabilitas digunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 26 dan untuk menguji variabel menggunakan analisis deskriptif dan relative importance index (RII) untuk menghitung tingkat pengaruh faktor. Berdasarkan hasil perhitungan statistik secara keseluruhan terlihat adanya pengaruh yang signifikan antara human capital information system dengan kualitas pelayanan. Hasil penelitian menyarankan perusahaan untuk menambah menu lainnya pada modul HCIS agar lebih komperhensif.
Keywords
References
Ababneh, H. T., & Shrafat, F. (2014). “Human Capital Information Systems: An Introduction”. International Journal of Business and Management, 9(9). https://doi.org/10.5539/ijbm.v9n9p193
Ayswarya, R., Sarala, D., Muralidharan, P., & Ilankadhir, M. (2019). “Service Quality of Mobile Banking Services in ICICI Bank Limited”. Journal of Service Science and Management, 12(05), 649–664. https://doi.org/10.4236/jssm.2019.125045
Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bambale, A. J., & Goni. (2017). “Is Service Quality Going to Integrate Human Resource Management Practices (HRMPS) and Customer Satisfaction in Hotel Industry?” International Journal of Innovation, Management and Technology, 8(3), 243–248. https://doi.org/10.18178/ijimt.2017.8.3.736
Bernik, M. (2019). “Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen: Studi Kasus GOLD’S GYM Bandung”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 12(3), 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Dimitreli, A. (2017). Operations of Human Resources Engagement. 102.
http://www.kpn-corp.com/
Kabir, M. H., & Carlsson, T. (2010). “Service Quality: Expectations, perceptions and satisfaction about service quality at Destination Gotland - A case study”. Service Quality: Expectations, Perceptions and Satisfaction about Service Quality at Destination Gotland - A Case Study, 1–51.
Kadar, A., Masum, M., Bhuiyan, F., & Kabir, M. R. (2013). “HRIS Practices in Universities: An Exploratory Study on the Private Universities in Bangladesh”. Global Journal of Human Social Science Linguistics & Education, 13(7), 24–28.
Kaplan, R. M & Saccuzzo, D. P. (2012). Pengukuran Psikologi: Prinsip, Penerapan dan Isu: Edisi 7. Alih Bahasa: Eko Prasetyo Widodo. Jakarta: Salemba Humanika.
Karikari, A. F., Boateng, P. A., & N. D. Ocansey, E. O. (2015). “The Role of Human Resource Information System in the Process of Manpower Activities”. American Journal of Industrial and Business Management, 05(06), 424–431. https://doi.org/10.4236/ajibm.2015.56042
Khamali, A. F., Suddin, A., & Sutarno. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Pos Indonesia Cabang Solo. Manajemen Sumber Daya Manusia, 12(2), 184–195.
Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.619
Makwinja, F. (2015). A Comparative Analysis of the Impact of Information Technology on Human Capital Management in Parastatals in Zimbabwe: A Case Study of ZETDC, ZIMRA and TelOne. July.
Min, J. C.-H., Chen, S.-H., Kao, M.-Y., & Hsu, F.-N. (2013). “Study on the Indicators of Taiwanese Tour Guides’ Service Quality”. IBusiness, 05(03), 59–62. https://doi.org/10.4236/ib.2013.53b013
Odhong, E. A. (2018). Influence of Human Capital Practices on Employee Performance in The Private Security Industry in Kenya (Human Resource Management) Jomo Kenyatta Univerity Of.
Overstreet, R. E., Skipper, J. B., Huscroft, J. R., Cherry, M. J., & Cooper, A. L. (2019). “Multi-study analysis of learning culture, human capital and operational performance in supply chain management”. Journal of Defense Analytics and Logistics, 3(1), 41–59. https://doi.org/10.1108/jdal-11-2018-0017
Panjaitan, F. (2015). Kualitas Pelayanan Internal (Survei pada Aparatur Sipil Negara di Instansi Pemerintah Kota Medan). 18, 73–86.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). “A Conceptual Model Service Its Quality and Implications for Future Research”. Research Paper, 49(4),41–50. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00084-3
Pratitis, W. R. (2020). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Aplikasi Human Resource Informaton System i-AM dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Karyawan PT Pertamina (Persero).
Tabachnick, G. B., & Fidell, S. L. (2013). Using Multivariate Statistics 6th. United States America: Pearson.
Xu, J. D., Benbasat, I., & Cenfetelli, R. T. (2013). “Integrating service quality with system and information quality: An empirical test in the E-service context”. MIS Quarterly: Management Information Systems, 37(3), 777–794. https://doi.org/10.25300/MISQ/2013/37.3.05
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
Editorial Office :
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)
Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Rasuna Epicentrum, Kuningan. Jakarta Selatan 12920. email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.