Dampak Kepuasan Pengunjung sebagai Mediasi antara Hubungan Experiental Marketing terhadap Revisit Intention ( studi kasus pada pariwisata di Pantai Carocok dan Kawasan Mandeh)

Vidella Juwanda, Dominica Arni Widiastuti

Abstract


Industry pariwisata memiliki potensi untuk berkembang. Pengalaman seseorang mengunjungi suatu tempat dapat berdampak positive untuk masa depan pada suatu tempat wisata. Saat pengunjung datang ke tempat wisata dan menyukai tempat tersebut, kemungkinan besar pengunjung datang kembali juga sangat besar. Oleh sebab itu, pihak manajemen dituntut untuk meningkatkan jumlah wisatawan karena keberhasilan sektor pariwisata dapat ditunjukkan dengan adanya kunjungan berulang (revisit intention). Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Melalui Tourist Satisfaction Pada Objek Wisata Di Kabupaten Pesisir Selatan dengan Objek Penelitian Pada Pariwisata Di  Pantai Carocok Dan Kawasan Wisata Mandeh”. Sampel Penelitian Ini adalah para pengunjung tempat wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan menggunakan program software SPSS.

Keywords


Experiental Marketing; Revisit Intention; Tourist Satisfaction

References


Agustina, N., DH, Achmad fauzi, & Nuralam, inggang perwangsa. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Biaya Beralih, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis . 64(1) : 92–101. l

Andi,N. (2018). Promosi Pemasaran Potensi Industri Pariwisata dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Sinjai. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 281–288.

Andriani, R., & Fatimah, R. (2018). Strategi Experiential Marketing Sebagai Metode Pendekatan Dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan Sabda Alam Garut. Jurnal Kajian Ilmiah, 18(3), 206.

Anisa, H., Aspan, & Nur Fitri, Y. (2018). Peran Tour Agency Orangutan Journey Dalam Peningkatan Kunjungan Wisatawan Di Taman Nasional Tanjung Puting Kabupaten Kotawaringin Barat. Magenta, 7(1), 35–42.

Annisa, M. L., & Hutasoit, G. (2018). Pengaruh Daya Saing Destinasi Wisata Terhadap Implementasi Re- Visiting Commitmen Wisatawan Objek Wisata Di Kota Palembang. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 77–86.

Anwar, A. S., & Samira, A. B. (2018). Pengaruh Dining Service Quality (Dineserv) Terhadap Customer Satisfaction Dan Revisit Intention (Survei pada Pelanggan D’COST Seafood Restaurant Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 58(1), 27–35.

Bahar, A., & Sjahruddin, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. 3, 14–34.

Bernarto, I., & Patricia. (2017). Pengaruh Perceived Value, Customer Satisfaction dan Trust terhadap Customer Loyalty Restoran XYZ di Tangerang. Jurnal Online Nasional Dan Internasional, 1(1), 36– 49.

Dewi, I. A. I., & Laksmidewi, D. (2015). Pengaruh Customer Experiences Terhadap Revisit Intention Dengan Mediasi Learning In Museum Dan Visitor Satisfaction Di Museum Wayang. Jurnal Manajemen,12(2), 160–178.

Fauzia, F. (2012). Forced-Choice Dalam Pengukuran Prosocial Tendencies. Perbandingan Sosial Desirabilitas Bentuk Soal Skala Likert, Semantik Diferensial, Dan Forced-Choice Dalam Pengukuran Prosocial, I(4).

Finardi, A. D. I., & Yuniawati, Y. (2016). Gunung Tangkuban Perahu Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention Di. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 6(1), 983–

Fretes, R., Santoso, P., Soenoko, R., & Astuti, M. (2013). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Industri Pariwisata Dengan Menggunakan Metode Swot Dan

Qspm (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Rekayasa Mesin, 4(2), 109–118.

Gustina, L., Yasri, Y., & Engriani, Y. (2019). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan pada Obyek Wisata Pantai Air Manis d Kota Padang. Jurnal Praktik Bisnis, 8(1), 52–62.

Hadiwidjaja, R. S., & Dharmayanti, D. (2014). Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town square. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(2), 1–11.

Hayati, E. N. (2014). Supply Chain Management (SCM) Dan Logistic Management. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, 8(1), 25–34.

Holil, P., & I putu, S. (2020). Anteseden Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Spiritual Di Bali (The Antecedent Of Spiritual Tourist Revisit Intention In Bali). Anteseden Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Spiritual Bali, 9(1), 21–39.

Hutabarat, W. M. S., & Prabawani, B. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Dan Sales Promotion Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Go-Ride Semarang.Jurnal Universitas Diponegoro.

Hyra, A. (2013). Identifikasi Karakteristik Tempat Rekreasi Yang Menarik Untuk Dikunjungi Para Lansia Dari Segi Penawaran. Journal of Regional and City Planning, 23(2), 103.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25.

Indriani, A., Wilopo, W., & Pangestuti, E. (2016). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung (Studi Pada Jawa Timur Park 2 Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(2), 113–120.

Jamu, M. E., Laga, Y., & Laga, Y. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Dan Tourist Satisfaction Terhadap Revisit Intention Tourism Di Danau Kelimutu. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(1).

Jatmiko, R., & Nastiti, S. (2001). Handbook of Customer Satisfaction and Loyalty Measurement, 2nd edition. International Journal of Retail & Distribution Management, 29(7), 347.

Kurnia, E., & Sugiarto, P. (2018). Kajian Perilaku Konsumen Pengguna Smartphone Iphone Pada Kalangan Mahsiswa Stiesia Surabaya.

Makalew, A. J. L., Mananeke, L., Ch, D. A., & Linting,

. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Revisit Intention (Minat Kunjung Ulang) Wisatawan Pada Objek Wisata Alam Batu Angus Di Bitung. Jurnal MBA, 7(3), 2631–2640.

Matande, I. (2018). Economics bosowa journal edisi xxiv januari s/d maret 2018. 4(001), 67–79.

Muchlis, M. A. (2018). Keamanan Dalam Wisata Bahari(Penyelaman dan Surfng): Tinjauan Permen Pariwisata R.I. No. 3 Tahun 2018. Ilmu Dan Budaya, 41(3), 7769–7794.

Pangastuti, R. L. (2017). The Influence of Experiential Marketing And Service Quality For being Reasonability of Customers Loyality Forming (Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “ LBC”). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2(2), 198.

Panjaitan, D. . (2017). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Variabel Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Fitness First Cabang Oakwood). Jurnal Online Internasional & Nasional Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 4(1), 44–60.

Pramudita, Y. A., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Customer Value dan Customer Experience terhadap Customer Satisfaction di De Kasteel Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–7.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra,

P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.

Rosanti, N., & Yulianto, E. (2014). Pengaruh Experiential Marketing Dan Experiential Value Terhadap Customer Satisfaction (Survei pada Mahasiswa FIA Bisnis 2013/2014 Pengguna Android Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 16(1), 84996.

Safitri, W. R. (2016). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Kejadian Demam Berdarah Dengue Dengan Kepadatan Penduduk di Kota Surabaya Pada Tahun 2012 - 2014. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, 9.

Saidani, B., & Arifin, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 109–124.

Salangka, D. B. M., Massie, J., & Tampenawas, J. (2017). Pengaruh Kelompok Acuan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Smartphone. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 3714–3723.

Semuel, H., & Wibisono, J. (2019). Brand Image , Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 27–34.

Setyaningsih, N. W., Suardana, I. W., & Dewi, L. (2020). Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention Pada Paket Wisata Sepeda Di Desa Penglipuran. Jurnal IPTA, 8(1), 119.

Solihin, D., Kunci, K., Beli, M., & Pembelian, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. J. Mandiri, 4(1), 38–51.

Suryadi, & Djajanto, L. (2020). Analisis Pengaruh Atribut Produk Sepeda Motor Terhadap Perilaku Konsumen. 11, 17–24.

Susilo, H., Haryono, A. T., & Mukery, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promos, dan Kepercayaan terhadap KEpuasan Konsumen dengan Keputusan Berkunjung sebagai Variabel Intervening di Hotel Amanda Hills Bandungan. Jurnal Manajemen Unpad, 8(4), 1–20. Theodora, P., & Felicia, F. (2020). Pengaruh Perceived Authenticity Terhadap Place Attachment Dan Revisit Intention Wisatawan Di House Of Sampoerna. Jurnal Hospitality Dan Manajemen

Jasa, 8(2), 1–17.

Triastuti, F., & Ferdinand, A. T. (2012). ULANG KONSUMEN ( Studi Pada Buket Koffee + Jazz Semarang ). 1(4), 1–13.

Umayah, B., & Kurniawan, F. (2019). Analisa Perilaku Konsumen Melalui Data Transaksi Berbasis Pendekatan Market Basket Analysis. Sains, Aplikasi, Komputasi Dan Teknologi Informasi, 1(2), 30.

Widiyanti, W., & Retnowulan, J. (2018). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pengunjung Taman Wisata Edukasi D’Kandang Depok. Ejournal.Bsi.Ac.Id, 2(1), 64–73.

Wijaksono, R. A. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pengunjung Trans Studio Mini Transmart Rungkut Surabaya ). 7, 344–353.

Wulanjani, H., & Derriawan, D. (2017). Dampak Utilitarian Value Dan Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Revisit Intention. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 121–130.

Zen, Z. W., Albar, B. B., & Mayasari, H. (2017). Daya Tarik Wisata Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Objek Wisata Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 1–12.

b. Website

Asityo, W. (2020, Agustus 27). Menikmati Wisata di Pantai Carocok. Retrieved Desember 21, 2020, from Kompas.com:

https://foto.kompas.com/photo/read/2020/8/27/ 1598418191bb9/1/menikmati-wisata-di-pantai- carocok

Desfinal, R. (2019, April 30). Dibangun Tahun, Pujasera Siap Manjakan Pengunjung Pantai Carocok Painan. Retrieved Januari 5, 2021, from Jurnal Sumbar: https://jurnalsumbar.com/2019/04/dibangun- tahun-pujasera-siap-manjakan-pengunjung- pantai-carocok-painan/

Jumidin. (2020). Progres Mesjid Terapung. Infopessel. https://www.instagram.com/p/CIIW5NtBQPy/ benius, k. h. (2018). panduan penulisan skripsi. kalimantan tengah: Fisip, Universitas Kristen Palangka Raya.

Marlison. (2020, November 19). Berita PESSEL.

Retrieved November 28, 2020, from PESISIRSELATANKAB.GO.ID:

https://berita.pesisirselatankab.go.id/

Purnomo, K. (2019, Maret 8). Mandeh, Raja Ampat-nya Sumatera yang Dipromosikan. Retrieved Desember 20, 2020, from Kompas.com: https://travel.kompas.com/read/2019/03/08/1509 00027/mandeh-raja-ampat-nya-

Reda. (2020, 01 02). Padangkita.com. Retrieved 01 09, 2021, from Ada Masjid Raya Megah di Puncak Mandeh: https://padangkita.com/ada-masjid- raya-megah-di-puncak-mandeh/sumatera-yang- dipromosikan-jokowi?page=all

c. Buku

Ghozali, I. (2018). aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (9th ed). Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Jati, W. S. (2018). STATISTIK OBJEK DAYA TARIK WISATA 2018. Jakarta: BPS RI.

Jaya, I., & Ardat. (2013). Penerapan statistik untuk pendidikan . Bandung: citapustaka media perintis.

Kotler, P., & keller, k. l. (2016). Marketing Menejemen 16 edition. New Jersey: Pearson.

Kuncoro, R. (2008). Cara menggunakan dan memakai analisi jalur ( Path Analysis). Bandung: Alfabet.

Luturlean, B. S. (2019). Strategi Bisnis pariwitasa.

bandung: Humaniora.

Nazareth, L. (2007). he Leisure Economy: How Changing Demographics, Economics, and Generational Attitudes Will Reshape Our Lives and Our Industries.

Srirahmadani, I. (2020). Statistik Daerah Kabupaten Pesisir Selatan 2020. Painan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesisir Selatan.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto. (2009). Statistik Teori dan Aplikasi .Edisi Ketujuh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Utama, D. I. (2016). pengantar pariwisata. Jakarta: Deepublish Publisher.

William, J. B. (2003). service quality in leisure and tourism . Chambridge: CABI .

Yulianto, N. A. (2018). Metologi Penelitian Bisnis.

Malang: POLINEMA PER


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/neliti-blue_02_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120_01 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/ios_perpus02_146 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/crossref-logo21_158

 

Editorial Office :

Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/logo_ub_-_dasar_terang_120

Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Rasuna Epicentrum, Kuningan. Jakarta Selatan 12920. email : [email protected]


http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/5ajamrit_t_01

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.