RENCANA PEMBANGUNAN BISNIS KEDAI KOPI MODEREN DI KOTA BELITUNG
Abstract
Perencanaan bisnis ini bertujuan untuk mengetahui proyeksi persaingan Kedai Brewer dalam industri kedai kopi, Peluang Kedai Brewer, Segmentasi Kedai Brewer, serta menghitung nilai kelayakan bisnis kedai. Kedai Brewer adalah sebuah bisnis yang bergerak dibidang kedai kopi yang menawarkan kelengkapan akan fasilitas untuk dapat bersosialisasi bagi para sasaran pasarnya yang berada di Kota Belitung dengan nilai investasi awal sebesar Rp. 664.878.500,00. Berdasarkan dari studi kelayakan, didapatkan payback period dapat dicapai dalam kurun waktu 2 tahun 10 bulan, NPV tahun pertama bernilai positif dan IRR sebesar 31,64%.
References
Ferrel, O.C & D, Harline. 2005. Marketing Strategy. South Western: Thomson
Corporation.
International, Euromonitor. 2017. “Country Report Cafes/Bars in Indonesia”, http://www.euromonitor.com/cafes-bars-in-indonesia/report, diakses pada 2 Juni 2017 pukul 20.30.
Kasmir & Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium jilid I. Jakarta: PT. Prehalindo
Lampung, Ahli Kopi. 2015. “Sejarah Perkembangan Kopi di Indonesia”, http://ahlikopilampung.com/2015/09/26/sejarah-perkembangan-kopi-di-indonesia/, diakses pada 25 Mei 2017 pukul 11.30.
Organization, International Coffee. 2016. “Infographics on the global coffee trade”, http://www.ico.org/coffee-trade-statistics-infographics.asp?section=Statistics, diakses pada 27 Mei 2017.
Osterwalder, A. & Pigneur, Y. 2013. Business Model Generation. London, NJ: John Wiley & Sons.
Perindustrian, Kementrian. 2016. “Menperin: Gaya Hidup Dorong Industri Kopi Tumbuh”, http://www.kemenperin.go.id/artikel/15421/Menperin:-Gaya-Hidup-Dorong-Industri-Kopi-Tumbuh, diakses pada 28 Mei 2017 pukul 20.30.
Risnandar, Cecep. 2017. “Sejarah Kopi”, http://www.studiobelajar.com/penulisan-daftar-pustaka/, diakses pada 25 Mei 2017. Pukul 10.30.
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rao, C. A., Rao, B. P., & Sivaramakrishna, K. 2009. Strategic Management and Business Policy. New Delhi: Excel Books India.
Sudarsana, Eunike gertuida. 2016. “Fenomena Menjamurnya Warung Kopi di Indonesia”, http://www.kompasiana.com/inkegertruida/fenomena-menjamurnya-warung-kopi-di-indonesia_5808b767cf7a61af1bd9e94e, diakses pada 30 Mei 2017 pukul 20.00.
Statistik, Badan Pusat. 2015. “Proyeksi Penduduk Kabupaten/Kota Provinsi Kep. Bangka Belitung”, https://www.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Proyeksi-Penduduk-Kabupaten-Kota-Provinsi-Kep--Bangka-Belitung-2010-2020.pdf, diakses pada 20 Desember 2017 pukul 20.00.
Ukers, William H. 2011. All About Coffee. New York: Read Books.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
Editorial Office :
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)
Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Rasuna Epicentrum, Kuningan. Jakarta Selatan 12920. email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.