Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Go-Food Di Kota Bandung

Dani Adriansyah, Marheni Eka Saputri

Abstract


Era globalisasi ditandai dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi. Gojek menjadi salah satu contoh perusahaan berbasis teknologi yang inovatif. Gojek mempunyai fitur dalam aplikasinya yaitu Go-Food yang merupakan layanan food delivery. Go-Food mempunyai banyak kompetitor sehingga harus selalu menwarkan promo menarik agar dapat menarik konsumen dan menjadikan Go-Food sebagai layanan food delivery yang dipilih oleh masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian pada pengguna Go-Food di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling  menggunakan teknik non probability sampling  jenis purposive sampling, yang melibatkan 100 responden dengan rumus Bernoulli.. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis).

Berdasarkan hasil analisis deskriptif promosi penjualan, keputusan pembelian dengan dan kepuasan pelanggan berada dalam kategori baik  Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Promosi Penjualan berperngaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 49%, Keputusan Pembelian berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 45,2%, Promosi Penjualan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 9,3%, Promosi Penjualan secara tidak langsung terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian sebesar 47,1%


References


Fandy Tjiptono. 2017. Strategi Pemasaran. Edisi 4. ANDI

Kotler& Keller (2016). Principles Of Marketing (17th ed). England. Pearson.

Kotler, P. a. (2016).Marketing Management. Global Edition Pearson Prentice Hall

Nur Sia Taha. (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian di The Centrum Restaurant. Universitas Pasundan.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono. (2016). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/neliti-blue_02_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120_01 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/ios_perpus02_146 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/crossref-logo21_158

 

Editorial Office :

Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/logo_ub_-_dasar_terang_120

Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Rasuna Epicentrum, Kuningan. Jakarta Selatan 12920. email : [email protected]


http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/5ajamrit_t_01

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.