DAY OF THE WEEK: SUATU FENOMENA DI BURSA EFEK INDONESIA

Monica Weni Pratiwi, Anang Sucahyo

Abstract


Fenomena the day of the week effect masih banyak diperdebatkan sampai saat ini, karena hal ini merupakan penyimpangan terhadap hipotesis pasar yang efisien. Penelitian ini mencoba menguji pengaruh hari perdagangan terhadap return saham di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam daftar indeks saham LQ 45 pada tahun 2009 dan tahun 2011. Hasil penelitian menujukkan Monday effect terjadi untuk volume perdagangan yang kecil. Selain itu secara keseluruhan menunjukkan bahwa hari Rabu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham, dimana return pada hari Rabu relatif lebih tinggi dibandingkan dengan hari yang lain. Hasil ini konsisten bila variabel size dan volume perdagangan kita masukkan sebagai variabel kontrol.

Kata kunci: day of the week effect, monday effect


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/ios_perpus02_146

 

Alamat Redaksi Media Riset Akuntansi

Kampus Universitas Bakrie

Jl. H.R. Rasuna Said Kav C-22, Kuningan – Jakarta Selatan 12920 | Tlp: +6221-5261448, +6221-5263182 Fax: +6221-5263191, +6221-5276543

email: [email protected], website: http://jurnal.bakrie.ac.id/index.php/journal_MRA/index