PENGARUH PENERAPAN CORPORATE GOVERNANCE, SIZE, AGE, LEVERAGE, DAN SALES GROWTH TERHADAP NILAI TAMBAH PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)

Errissa Dwi Agustin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Corporate Governance, size, age, leverage, dan sales growth dengan nilai tambah perusahaan. Sampel penelitian terdiri dari 97 perusahaan di Jakarta Islamic Index yang juga terdaftar di Corporate Governance Index selama periode 2005-2009 yang membentuk unbalanced panel. Metode analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh Corporate Governance, size, age, leverage, dan sales growth dengan nilai tambah perusahaan adalah analisis regresi linier berganda.Sebelum melakukan uji regresi, dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa size yang diukur dengan logaritma natural total aktiva berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai tambah perusahaan yang diproksikan dengan Economic Value Added sedangkan sales growth berpengaruh positif signifikan terhadap nilai tambah perusahaan. Variabel Corporate Governance, age dan leverage yang diukur dengan debt to asset ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai tambah perusahaan.

Key Words: Corporate Governance, size, age, leverage, sales growth, Economic Value Added, nilai tambah perusahaan

 

The objective of this study is to examine the effect of corporate governance, sales, age, leverage and sales growth on firm value added. The sample consist of an unbalanced panel of 97 firm-years in the Jakarta Islamic Index during the period 2005-2009. To examine examine the effect of corporate governance, sales, age, leverage and sales growth on firm value added, this research using multiple regression.Before doing a regression test, there is a test named assumption classic test, it is consist of normality test, multicolinearity test, autocorrelation test, and heteroskedasticity test. The result of the regression test shows that size proxied by logaritma natural of total asset negatively influence firm value added which is proxied by economic value added whereas sales growth positively influences firm value added. Coporate Governance, age, and leverage proxied by debt to asset are not significantly influence firm value added.

Key Words: Corporate Governance, size, age, leverage, sales growth, Economic Value Added, firm value added


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/ios_perpus02_146

 

Alamat Redaksi Media Riset Akuntansi

Kampus Universitas Bakrie

Jl. H.R. Rasuna Said Kav C-22, Kuningan – Jakarta Selatan 12920 | Tlp: +6221-5261448, +6221-5263182 Fax: +6221-5263191, +6221-5276543

email: [email protected], website: http://jurnal.bakrie.ac.id/index.php/journal_MRA/index