Optimasi Dimensi Web Balok Gelagar I Terhadap Pembebanan Truk Pada Jalan Tol XYZ

Adinda Tiffany, Bambang Purwoko Bintoro Kusumo, Jouvan Chandra Pratama Putra

Abstract


Jembatan jalan raya khususnya jalan bebas hambatan tol saat ini menjadi salah satu pembangunan infrastruktur utama yang diminati dalam meminimalisir kemacetan di jalan-jalan utama. Penggunaan gelagar memanjang atau sering disebut dengan I Girder menjadi salah satu material yang digunakan dalam pembangunan jembatan layang dewasa ini. Pada penerapannya Jalan Tol XYZ menjadi salah satu jalan utama penghubung kendaraan. Selain itu, kendaraan bertonase berat yang setiap hari melalui jalan ini seperti truk sedang dan truk trailer dengan panjang yang bervariasi serta beban kendaraan yang berlebih menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada balok gelagar beton I Girder. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap pola penyebaran beban kendaraan truk pada lajur kiri, kanan, tengah dan lendutan besarnya lendutan yang terjadi akibat pembebanan beban kendaraan. Optimasi dilakukan pada lebar web gelagar memanjang untuk melihat kapasitas jembatan dalam menerima beban kendaraan terhadap lendutan maksimum yang dibatasi. Dimensi aktual web 200 mm di modifikasi menjadi 150 mm dan 100 mm. Hasil analisis lendutan akibat beban kendaraan menunjukkan nilai lendutan masih dalam kapasitas jembatan L/800= 40 mm. Hasil analisis yang didapatkan jembatan dengan optimasi dimensi lebar web masih dapat menerima beban kendaraan truk

Keywords


jembatan, jalan tol, beban kendaraan, kapasitas lendutan, gelagar beton

References


Hariman, H dkk., 2007. “Evaluasi Program Pemeliharaan Jembatan dengan Metode Bridge Management System (BMS)”. Forum Teknik Sipil no.XVII/3.

Putra, Jefri. 2009. “Identifikasi Faktor-Faktor Risiko Penggunaan Precast Segmental Girder terhadap Aspek Waktu pada Proyek Flyover di DKI Jakarta”. Universitas Indonesia.

Zulhijjah, M Akbar. 2014. “Asesmen Kapasitas Jembatan Rangka Baja Pasca Penggantian Dek Lantai Kayu menjadi Lantai Beton”. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Setiati, N. Retno. 2012. “Kajian Analisis Respon Statis Jembatan Tipe Gelagar Bertulang dengan Metode Pembebanan (Loading Test)”.Industrial Research Workshop and Seminar. Bandung

McCormac, Jack C. Desain Beton Bertulang Edisi Kelima. Erlangga. 2013.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.