MANAJEMEN RISIKO PROYEK PADA PEKERJAAN BALANCE CANTILEVER BOX GIRDER

Pranowo Pranowo, Sofyan Nugraha

Abstract


Dengan keterbatasan lahan yang tersedia pada proyek infrastruktur dilakukan dengan elevated section (pembangunan struktur atas), namun dalam kenyataannya terdabat beberapa insiden yang terjadi selama proses pembangunannya.Dalam studi kasus inidi MRT terdapat jembatan yang melewati Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dalam pembangunannya menggunakan metode balance cantilever, proyek tersebut merupakan proyek EPC yaitu suatu proyek yang kompleks  dengan mengerjakan suatu proyek meliputi pekerjaan studi design, pengadaan material dan konstruksi. Pada penelitian ini membahas risiko-risiko yang mungkin terjadi, melakukan tingkatan risko yang teridentifikasiterhadap waktu pelaksanaan pekerjaan, mengetahui faktor utama risiko, mengetahui presentase keterlambatan pekerjaan, mengetahui penanganan terhadap risiko yang memiliki level tinggi.Penyusunan variabel berdasarkan data primer dan sekunder berupa wawancara, studi litelatur, survey dan penyebaran kuesioner kepada responden, kemudian dievalusasi dengan analisa komparatif, deskriptif, uji normalisasi, uji validasi, uji reabilitas dan analisa level risiko dengan software SPSS v.24, akhirnya diperoleh faktor utama risiko pada divisi manajemen yaitu pada variabel 23 (pengalaman manajemen proyek) dengan  nilai component matriks sebesar 0.837 dengan keterlambatan pekerjaan sebesar 7,5% hal ini menunjukan level resiko tinggi.Penanganan terhadap risiko tinggi dilakukan dengan rapat (meeting) internal harian, mingguan dan bulanan untuk mengevaluasi pekerjaan selama dan setelah pekerjaan berlangsung.


Keywords


Manajemen risiko, balance cantilever box girder, EPC (engineering procurement and construction)

References


Alam, Toni. 2011. Identifikasi faktor-faktor risiko proyek rancang bangun (design and build) pada PT. XYZ yang berpengaruh terhadap kinerja waktu.

Project Management Institute. (2001). A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOOK Guide) 2000 Edition. Newtown Square, Pennsylavnia USA.

Riadi, Edi. 2016. Statistika penelitian (analisa manual dan IBM SPSS)

Susilo, Leo J. dan Victor Riwu Kaho. 2011. Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000 untuk Industri Nonperbankan. Penerbit : PPM

http://manajemenproyekindonesia.com/?p=884. Diakses tanggal 5 November 2017 Jam 20.00 WIB.

http://forumstudiislamindonesia.blogspot.sg/2014/04/manajemen-risiko-dalam-islam.html. Diakses tanggal 6 November 2017 Jam 20.00 WIB.

https://www.merdeka.com/uang/wika-raih-kontrak-proyek-mrt-jakarta.html. Diakses tanggal 27 November 2017 Jam 21.16 WIB.

http://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/. Diakses tanggal 25 Desember 2017 Jam 22.00 W


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.