URGENSI PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN KOMITMEN ORGANISASI Studi Kasus pada Sektor Industri Perbankan Indonesia (Inisial: PTBank XYZ, Tbk)

Suharyanti Suharyanti

Abstract


Di era kompetisi global seperti sekarang ini, berbagai perusahaan yang sudah go public berlomba-lomba untuk menerapkan Corporate Social Responsibility. Namun sayangnya, penerapan Corporate Social Responsibility kadang-kadang hanya disandingkan untuk pihak eksternal saja tanpa memperhatikan pihak internal seperti karyawan yang merupakan ujung tombak dari eksistensi perusahaan di masa sekarang dan di masa depan. Sehubungan dengan fenomena tersebut, tulisan ini mengulas tentang pentingnya penerapan Corporate Social Responsibility untuk karyawan dalam meningkatkan komitmen organisasi dan kepercayaan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan Corporate Communication sebagai departemen yang menaungi program Corporate Social Responsibility supaya menyadari arti pentingnya penerapan Corporate Social Responsibility untuk karyawan. Penelitian ini dilakukan di PTBank XYZ, Tbk dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun hasil dan temuan dari penelitian ini adalah bahwa memberikan kesejahteraan kepada karyawan PTBank XYZ, Tbk berupa aspek ekonomi adalah salah satu kunci untuk mempertahankan komitmen karyawan dalam perusahaan. Sedangkan kepercayaan organisasi di PTBank XYZ, Tbk dapat terbentuk apabila pimpinan bersikap lebih terbuka dalam berinteraksi dengan karyawan dalam arti pimpinan bersedia berdiskusi, menerima kritik dan masukan dari karyawan.


Keywords


corporate social responsibility, corporate communication, komitmen organisasi, kepercayaan organisasi, stakeholder

References


Abdurrahman, Oemi. 2008. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Amri, Khairul dkk. 2013. Pengaruh Keadilan Organisasional, Kepercayaan Pada Atasan Terhadap Perilaku Kewarganegaraan (Organizational Citizenship Behaviour). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis. 1(1): 56-73.

Argenti, Paul A. 2003. Corporate Communication. New York: McGraw-Hill Companies.

Argenti, Paul A. 2010. Komunikasi Korporat. Jakarta: Salemba Humanika.

Caroll, Craig E. 2016. The SAGE Encyclopedia of Corporate Reputation. California: SAGE Publication.

Coombs, W. Timothy and Sherry J. Holladay. 2012. Managing Corporate Social Responsibility: A Communication Approach. UK: A John Wiley & Sons, Ltd.

Cornelissen, Joep. 2011. Corporate Communication: A Guide to Theory and Practice. London: Sage Publication.

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Darmawan, Didit. 2013. Principles of Organizational Behaviour. Surabaya: Pena Semesta.

Daymon, Christine & Immy Holloway. 2002. Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications. Terjemahan oleh Cahya Wiratma. 2008. Yogyakarta: Bentang

Farooq, Omer et al. 2016. The Impact of Corporate Social Responsibility on Organizational Commitment: Exploring Multiple Mediation Mechanisms. Journal Springer. 1-19.

Greening, D.W dan Tuban, D.B. 2000. Corporate Social Performance As A Competitive Advantage in Attracting A Quality Workforce. Business and Society. 39(3): 254-280.

Hadi, Nur. 2014. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hammersley, Martyn. 2013. What is Qualitative Research?. Cornwall: MPG Groups Book.

Kotler, Philip and Nancy Lee. 2005. Corporate Social Responsibilit: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. USA: John Wiley and Sons, Ltd.

Krisyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Grup.

Kurniasih, Augustina dkk. 2016. Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja. Jurnal Pendidikan. 46(1): 121-134.

Meyer J. P and Allen. 1997. Commitment in the Workplace : Theory, Research, and Application. Inc. United State of America : Saga Publication

Miner, John B. 1988. Organizational Behavior: Performance And Productivity. First Edition. New York: Random House Business Division.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Pearce, Jhon A and Robbinson, Richard. 2007. Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control. New York: McGraw-Hill.

Porter, Michael E and Mark R. Kramer. 2009. The Competitive Advantage of Corporate Philanthropy. Harvard Business Review on Corporate Responsibility. Boston: Harvard Business School Publishing

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi Keenam Belas. Diterjemahkan oleh Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Jakarta: Salembah Empat.

Rusdiato, Ujang. 2013. CSR Communications: A Framework for PR Practitioners. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Persada Grafindo.

Stites, J.P dan Michael, J.H. 2011. Organizational Commitment in Manufacturing Employees: Relationships with Corporate Social Performance. Business and Society. 50(1): 50.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta

Suharto, Edi. 2010. CSR & Comdev. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, Isa dan Busyra Azheri. 2008. Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Malang: In-Trans Publishing.

Whitener, E.M et al. 1998. Manager As Initiators of Trust: An Exchange Relationship Framework for Understanding Managerial Trustworthly Behavior. The Academy of Management Review. 23(3): 513-530.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed and Abstracted by:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/logogaruda_94 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/sinta_logo2.png.pagespeed.ce.pxynstpsvw_200