PERAN RADIO REPUBLIK INDONESIA SEBAGAI PENYAMBUNG ASPIRASI MASYARAKAT DI DAERAH PERBATASAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Nur A. Dwi Putri

Abstract


Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia adalah merupakan salah satu media yang sangat berperan penting dalam menyampaikan informasi, penyambung aspirasi masyarakat, serta sebagai sabuk pengaman informasi terutama di daerah perbatasan seperti Provinsi Kepulauan Riau di bandingkan media lainnya. Hal ini disebabkan karena masih minimnya infrastruktur di daerah perbatasan dan masih belum berdaulatnya wilayah udara Republik Indonesia khusunya untuk wilayah sekitar Provinsi Kepulauan Riau. Oleh karena itu diharapkan pemerintah lebih memperhatikan RRI di wilayah perbatasan. Karena mengingat yang dihadapi RRI di daerah perbatasn bukanlah radio biasa namun Radio-radio asing yang memiliki teknologi yang canggih dan memiliki daya pancar yang luas dan tentunya pemerintah pusat harus terus berusaha untuk mengambil alih wilayah kedaulatan udara Republik Indonesia agar RRI dapat leluasa untuk menjalankan perannya sebagai sabuk pengaman informasi.


Keywords


Peran RRI, Perbatasan Kepulauan Riau

References


Buku

Agusta, Ivanovich. 2014. Ketimpangan Wilayah dan Kebijakan Penanggulangan di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurmandi, Achmad et.al. 2012. Menjaga Indonesia dari Kepri (Peluang, Tantangan dan 19 pulau terdepan Indonesia di Kepulauan Riau. Tanjungpinang: Badan Pengelolaan Perbatasan Provinsi Kepulauan Riau.

Tirtosudarmo, Riwanto. 2011. Nasionalisme dan Ketahanan Budaya di Indonesia (Sebuah Tantangan). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Jurnal

Partogi Nainggolan, Poltak. 2015. Keamanan Anambas sebagai “centre of SEA region”. Jurnal CSIS.,44.,(1).

Said, M.Mas’ud. 2011. Nasionalisme dan Ideologi Kebangsaan di Daerah Perbatasan. Jurnal Ilmu Pemerintahan., edisi 35.

Internet

Pusat Data dan Informasi RRI (www.rri.co.id)

www. Dprd-Kepriprov.go.id

Surat Kabar

“Surat Pembaca” Tanjungpinang, 5 Desember 2014

Peraturan Perundangan

Peraturan Pemerintah no.12 Tahun 2005 Tentang Lembaga penyiaran Publik Radio Republik Indonesia.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed and Abstracted by:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/sinta_01_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120