SIKAP ORANG TUA DAN REMAJA SURABAYA MENGENAI PENCITRAAN KELUARGA DALAM TAYANGAN IKLAN DI TELEVISI

Maria Yuliastuti, Yuli Nugraheni

Abstract


Berangkat dari ketertarikan terhadap konsep iklan maka penelitian ini ingin menggali lebih dalam mengenai sikap orang tua dan remaja Surabaya mengenai pencitraan keluarga dalam tayangan iklan Bebelac 4 ‘you are my everything’di televisi? Teori yang dipaparkan untuk menjawab penelitian ini adalah konsep-konsep mengenai iklan, peran dan fungsi iklan, iklan di televisi, citra dan sikap. Jenis penelitian kuantitatif, metode penelitian survey , populasi ibuibu di Surabaya metode pengumpulan data kuesioner. Secara umum responden mengetahui dan menyukai pencitraan keluarga dalam iklan Bebelac 4 ‘you are my everything’. Sikap yang terbentuk dari responden adalah sikap positif mengenai pencitraan keluarga dalam iklan ini. Secara dominan responden menyatakan sikap sangat setuju dan setuju mengenai penggunaan elemen iklan baik elemen video, elemen audio, elemen talent, elemen prop, elemen setting, elemen lighting, elemen graphic, dan elemen pacing. Tabulasi silang menunjukkan hasil sikap positif ditunjukkan oleh responden dengan jenis kelamin perempuan, dengan rentang usia 17-27 tahun dan berstatus sebagai orang tua serta tinggal di kawasan Surabaya Timur. Sikap positif terhadap pencitraan keluarga dalam tayangan iklan Bebelac 4 ‘you are my everything’ lebih banyak ditampilkan oleh orang tua dibanding remaja.

 

Kata Kunci: iklan, pencitraan, keluarga

 

Departing from the interest in the concept of advertising, this study wanted to dig deeper into the attitudes of parents and teens about the imaging of the family in Surabaya ad impressions Bebelac 4 'you are my everything' at television? The theory is presented to answer this research are the concepts of advertising, the role and functions of advertising, advertising on television, the image and attitude. Quantitative research, survey research methods, the population of mothers in Surabaya. In general, respondents knew and loved the family imagery in advertising Bebelac 4 'you are my everything'. Attitudes are formed from the respondents is a positive attitude regarding the imaging of the family in this ad. Attitude is dominant respondents started strongly agree and agree on the use of ad elements both elements of video, audio elements, elements of talent, prop elements, setting elements, lighting elements, graphic elements, and elements of pacing. Cross tabulation shows the results of the positive attitude shown by the respondents with female gender, with an age range 17-27 years and the status as parents and lived in Surabaya region Timur. Positively attitude to the imaging of the family in ad impressions Bebelac 4 'you are my everything' more many displayed by parents than teens.

Keywords: advertising, imaging, family


References


Aaker, David, Myers (1987). Advertising Management. USA: Prentice Hall International.

Azwar, Saifuddin (2002). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bungin, Burhan (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hurlock, Elizabeth B. (1996). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.

Lee, Monle, and Carla Johnson (2004). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada

Morissan (2010). Perikalanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Mowen, John C. (1995). Consumer Behavior. Fourth Edition. USA: Prentice Hall International

Rakhmat, Jalaludin (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rosady (2006). Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Singarimbun, Masri (2006). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES

Sudarmanto, Gunawan R. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sukatendel, Arko K. (1990). Public Relations Perusahaan, Diklat. Bandung: Fikom Unpad.

Sumartono (2002). Terperangkap dalam Iklan. Bandung: Alfabeta. Widyatama, Rendra (2005). Pengantar Periklanan. Cetakan Satu. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.

Online :

Amindoni, Ayomi (2013). Belanja Iklan selama 2012 Naik 20%. Diunduh dari http://www.metrotvnews.com/indonesiamemilih/read/2013/03/06/82/136204/Belanja-Iklan-selama-2012-Naik-20. Diakses tanggal 13 Desember 2013.

Surabaya, BPS (2013). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin, Series Tahun. Journal Communication Spectrum, Vol. 3 No. 2 Agustus 2013 – Januari 2014 210 Diunduh dari http://surabayakota.bps.go.id/index.php?hal=tabel&id=4 . Diakses tanggal 21 Desember 2013.

Video:

Iklan Televisi Bebelac versi 4 ‘you are my everything’.

Iklan Televisi Oreo versi ‘pilih HP atau Oreo’.

Iklan Televisi biskuit Roma versi ‘Roma biskuitkelapa’.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed and Abstracted by:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/logogaruda_94