ANALISIS STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA (PERSERO) UNTUK SOSIALISASI PENYESUAIAN HARGA LPG 12 KG Studi Kasus pada Kompetisi Blog Kompasiana oleh Pertamina

Inez Gabrina, Suharyanti Suharyanti

Abstract


Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini telah menggunakan internet untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Melihat fenomena tersebut, banyak perusahaan mulai aktif mengambil langkah untuk melakukan persuasi dan mengontrol opini public melalui internet. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan media online untuk berkomunikasi dengan publik adalah PT Pertamina (Persero). Kebijakan kenaikan harga produk LPG 12 kg yang dicanangkan sejak 2014 lalu menimbulkan gejolak pada masyarakat, sehingga Pertamina berinisiatif untuk menjalankan strategi sosialisasi LPG 12 kg melalui berbagai media, salah satunya media sosial. Taktik utama yang dilaksanakan Pertamina dalam strategi media sosialnya adalah Kompetisi Blog Kompasiana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengetahui latar belakang dipilihnya cyber public relations sebagai salah satu strategi sosialisasi, proses perencanaan dan pelaksanaan strategi cyber public relations khususnya Kompetisi Blog Kompasiana, serta mengetahui bagaimana respon publik terhadap kebijakan kenaikan harga LPG 12 kg setelah pelaksanaan Kompetisi Blog Kompasiana. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi online, dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi LPG 12 kg melalui strategi Cyber PR sudah cukup strategis dan memicu respon positif masyarakat, terbukti dari intensitas gejolak pada publik yang sudah jauh berkurang.

 

Kata kunci: cyber public relations, perencanaan komunikasi strategis, blog, media sosial, LPG 12 Kg

A large amount of Indonesian cizitens are now using internet to communicate and spread information. Therefore, companies nowadays starting to take steps to persuade and control public opinion through the internet. One of those is PT Pertamina (Persero). The price adjustment policy of LPG 12 kg which was initiated on January 2014 causes public upheaval. Hence, Pertamina took the initiative to plan and execute a socialization strategy of LPG 12 kg through wide variety of media, one of them is social media. The main tactic from social media strategy is Kompasiana Blog Competition by Pertamina. This is a qualitative research using case study method that aims to discover the reason behind Pertamina’s decision to choose cyber public relations as one of the information dissemination strategy, the planning and implementation process of cyber public relations strategy especially Kompasiana Blog Competition, and to see how public respond to the

adjustment price policy after the implementation of Kompasiana Blog Competition. The data collection technique conducted through in-depth interview, online observation, and document tracking. The result of this research shows that the socialization of LPG 12 kg through cyber public relations strategy is proven to be strategic and triggered positive responds from the public that could be seen through the lessening of upheaval intensity.

Keywords: cyber public relations, strategic communication planning, blog, social media, LPG 12 Kg


References


Albarran, Alan B. (2013). The Social Media Industries. New York: Routledge.

Aquinas, P.G. (2008). Organizational Behaviour: Concepts, Realities, Applications, and Challenges. New Delhi: Excel Books.

Bungin, H.M. Burhan (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Bungin, H.M. Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Chartered Institute of Public Relations (2011). Online Public Relations. Diakses 3 Juni 2015 dari http://www.cipr.co.uk/sites/default/files/ACCRTQ3Lauren%20Fuery.pdf.

Cross, Michael (2014). Social Media Security: Leveraging Social Networking While Mitigating Risk. Waltham: Syngress.

Dainton, Marianne, & Elaine D. Zelley (2014). Applying Communication Theory for Professional Life: A Practical Introduction. California: Sage Publications, Inc.

Dillard, James Price, & Lijiang Shen (2002). The Persuasion Handbook: Developments in Theory and Practice. California: Sage Publications, Inc.

Godfellow, Tom, & Sarah Graham (2007). The Blog As a High-Impact Institutional Communication Tool. Sidney: Emerald Insight.

Hammersley, Martyn (2013). What Is Qualitative Research?. Cornwall: MPG Groups Book.

Jr., Richard M. Grinnell, & Yvonne A. Unrau (2010). Social Work Research and Evaluation: Foundations of Evidence-Based Practice. London: Oxford University Press.

Hill, Brad (2006). Blogging for Dummies. New Jersey: Wiley Publishing, Inc.

Holtz, Shell (2002). Public Relations on The Net Winning. Ivancevich, John M., Robert Konopaske, &

Michael T. Matteson (Eds.) (2007). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Knowles, Eric S., & Jay A. Linn (2004). Resistance and Persuasion. New York: Psychology Press.

Maulana, Adhi. 2015. Jumlah Pengguna Internet Indonesia Capai 88,1 Juta. Diakses 29 Juni 2015 dari http://tekno.liputan6.com/read/2197413/jumlah-pengguna-internet-indonesiacapai-881-juta.

Milioni, Dimitra, Konstantinos Vadratsikas, and Venia Papa (2011). Their Two Cents Worth: A Content Analysis of Online Readers’ Comments in Mainstream News Outlets. Cyprus: Cyprus University of Technology.

Mukhtar (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.

Okigbo, Charles C. & Elizabeth Crisp Crawford (2014). Strategic Urban Health Communication. New York: Springer.

Panji, Aditya (2014). Hasil Survei Pemakaian Internet Remaja Indonesia. Diakses 29 Juni 2015 dari http://tekno.kompas.com/read/2014/02/19/1623250/Hasil.Survei.Pemakaian.Internet.Remaja.Indonesia.

Purwanti, Tenni (2011). 80 Persen Perusahaan Asia Optimalkan Sosial Media. Diakses dari http://tekno.kompas.com/read/2011/10/29/16164450/80.persen.perusahaan.asia.optimalkan.sosial.media.

Purwanto, Djoko (2006). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Ritonga, M. Jamiluddin (2004). Riset Kehumasan.Jakarta: Grasindo. Robbins, Stephen P., and Timothy A. Judge

(2007). Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Saputra, Andi (2012). Ini Dia Kronologi Prita Mencari Keadilan. Diakses dari http://news.detik.com/read/2012/09/18/124551/2023887/10/4/ini-dia-kronologiprita-mencari-keadilan.

Siahainenia, Aubrey Machlon (2004). Tingkat Efektivitas Sebuah Situs dalam Membina Hubungan Baik dengan Khalayaknya, Studi Kasus: www.peugeotindo.com. Depok: Skripsi, Universitas Indonesia.

Stafford, Marla R., and Ronald J. Faber (2005). Advertising, Promotion, and New Media. New York: M.E. Sharpe, Inc.

West, Richard, and Lynn H. Turner (2008). Introducing Communication Theory: Analysis and Aplication. New York: McGraw-Hill.

Yutha, Annisa (2014). Penggunaan Twitter dalam Pemenuhan Ekspektasi Penggemar terhadap Artis (Studi pada Akun Twitter Penyanyi Rossa “@mynameisrossa”. Jakarta: Skripsi, Universitas Bakrie.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed and Abstracted by:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/sinta_01_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120