KONSTRUKSI REALITAS DALAM PEMBERITAAN PELANTIKAN PRESIDEN JOKO WIDODO Analisis Framing pada Laporan Utama Majalah TEMPO dan Majalah GATRA

Dessita Chairani, Dessy Kania

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sosok Jokowi yang berbeda dari biasanya dan mengundang rasa ingin tahu dari masyarakat. Peran dan posisi media menjadi penting dalam mengkonstruksi sosok Jokowi dalam sebuah konten yang berisi pemberitaan positif maupun negatif. Konten tersebut tentunya dengan sendirinya akan membentuk opini publik di masyarakat, bagaimana masyarakat memandang Jokowi. Karenanya, media memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan produk media yang objektif. Penelitian ini

bertujuan untuk melihat dan menganalisis konstruksi realitas yang dibangun media dan faktor yang memengaruhi framing media terhadap isu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial oleh Peter L. Berger dan Luckmann serta teori Mediating the Message oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis dan metode analisis framing yang didapat melalui observasi non-partisipan, wawancara dengan membandingkan kedua majalah, GATRA dan TEMPO. Hasil penelitian adalah konstruksi realitas TEMPO terhadap Jokowi lebih positif dan GATRA cenderung netral yang dominan dipengaruhi oleh faktor ideologi. Faktor lain yaitu rutinitas media dan organisasi medianya. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat dibahas lebih mendalam terkait  objektivitas media, baik dari media cetak, online, maupun elektronik.

Kata kunci: konstruksi realitas sosial, TEMPO, GATRA, pelantikan presiden Jokowi

 

This research is based on the idea that Jokowi is the new figure in Indonesia that attracs curiousity of the public. This idea makes media role and position become important in constructing Jokowi’s figure in media content, wether it’s in positive or negative tone. Therefore, media has a responsibility to create an objective product. The purpose of this study is to look and analyze the construction of reality built by media and the factors that influence the framing that used by the media to construct reality in their product. The theory used in this study is Social Construction Theory by Peter L. Burger and Luckmann and Mediating the Message Theory by Pamela J. Anderson and Stephen D. Reese. Thus study uses descriptive qualitative analysis approach with framing analysis as its metodology, obtained through non-participant observation and depth-interviews by comparing two magazines, TEMPO and GATRA. The result of this study is that TEMPO uses a positive tones to construct reality towards Jokowi’s figure and GATRA tend to uses a neutral tone and approach in decribing the issue. This result is influenced dominantly by the ideology of the media. Another factors that also influenced the construction of reality are media routine and organizational level. It is expected that future studies can discussed more about media objectivity, not only on print media, but also online and electronic.

Keywords: social construction theory, TEMPO, GATRA, presiden inaguration of Jokowi


References


Bungin, Burhan (2011). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Eriyanto (2012). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: PT LkiS Printing Cemerlang.

Ibrahim, Rahmad (2014). Netralitas Media di Indonesia Terkait Pilpres 2014 dan Tanggung Jawab Hukumnya, http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt53b1a2c5be4a0/netralitas-media-diindonesia-terkait-pilpres-2014-dantanggung-jawab-hukumnya-broleh-rahmad-ibrahim-sh-llm-. Diakses pada 10 Maret 2015.

Kovach, Bill, dan Tom Rosentiel (2004). Elemen-Elemen Jurnalisme. Diterjemahkan oleh Yusi A. Pareanom. Jakarta: Kerjasama Institut Studi Arus Informasi dan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Kriyantono, Rachmat (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

McQuail, Denis (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

Shoemaker, P.J., and S.D. Reese. 1996. Mediating The Message: Theories of Influences on Mass Media Content, Second Edition. New York: Longman Publishers.

Susetyo, Nuriy Azizah (2014). Kebijakan Media Darling dalam Pemberitaan Pemimpin Publik (Analisis Framing Pemberitaan Joko Widodo pada mTag #Fenomena Jokowi di Media Online Merdeka.com). Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie.

Tamburaka, Apriadi (2013). Agenda Setting Media Massa. Depok: PT Rajagrafindo Persada.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed and Abstracted by:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/logogaruda_94