Analisis Perbandingan Traffic Generation Pada Streamer Esports Dan Self Streamer Di Aplikasi Live Streaming Video Games

Aurino Rilman A. Djamaris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan dalam perbandingan traffic generation yang signifikan antara streamer eSports dan self streamer pada aplikasi live streaming video game. Penelitian ini menggunakan metode komparatif, dengan menyebarkan kepada 62 responden streamer yang aktif atau pernah mempunyai riwayat live streaming video game. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa antara streamer eSports dan self streamer sama-sama streamer baik. Dari kedua streamer tersebut, tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk variabel pengikut (followers) dengan indikator jumlah pengikut (followers), rata-rata penonton (viewers) yang menonton per live streaming dan ACU (Average Concurrent Users) atau popularitas dalam sebulan, sedangkan untuk variabel durasi live streaming dengan indikator WHR (Watch Hour Rate) atau durasi di tonton viewers dalam sebulan tidak terdapat perbedaan yang signifkan namun untuk indikator jumlah durasi live streaming dalam sebulan terdapat perbedaan tetapi kurang signifikan.

References


Besombes, N. P. (2018). The world of Esports, what you need to know (p. 1). https://imgur.com/r/esports/KWv0AXl

Faherty, F. R. (2018). Strategi IESPA(Indonesia E- sports Association) Dalam Mengkampanyekan E-sports Di Indonesia. Skripsi.

Hamilton, W., Kerne, A., & Robbins, T. (2012). High- performance pen + touch modality interactions: A real-time strategy game eSports context. UIST’12 - Proceedings of the 25th Annual ACM Symposium on User Interface Software and Technology, 309–318.

Haryanto, T., & Nugroho, S. (2015). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi Perusahaan Pada PT. Propan Raya ICC Semarang Tri. Jurnal Ilmiah.

Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Strategi Promosi

Indonesia, C. (2020, May 8). 7 Game Online Seru Buat Mabar Selama Tetap Tinggal di Rumah. Redaksi.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/2020 0508120005-37-157069/7-game-online- seru-buat-mabar-selama-tetap-tinggal-di- rumah

Kaytoue, M., Silva, A., Cerf, L., Meira, W., & Raïssi, C. (2012). Watch me playing, i am a professional: A first study on video game live streaming. WWW’12 - Proceedings of the 21st Annual Conference on World Wide Web Companion, 1181–1188. https://doi.org/10.1145/2187980.2188259

Liu, Y., Dupre, K., & Jin, X. (2020). A systematic review of literature on contested heritage. Current Issues in Tourism, 21. https://doi.org/10.1080/13683500.2020.17 74516

Maloney, T. (2020). how-do-esports-teams-make- money (p. 1). ROUNDHILL BLOG.

https://www.roundhillinvestments.com/res earch/esports/how-do-esports-teams- make-money

Mughni, U. (2018). 3-jenis-traffic-yang-wajib- kamu-ketahui-2 (p. 1). https://digitalcube.id/blog/3-jenis-traffic- yang-wajib-kamu-ketahui-2

Pertiwi, W. K. (2018). peluang-dan-tantangan- industri-e-sport-di-indonesia. In Peluang dan Tantangan Industri E-Sport di Indonesia (p. 2). https://tekno.kompas.com/read

Robinson Rebecca S. (2014). Purposive Sampling. In Cmaj (Vol. 141, Issue 10). Encyclopedia of Quality of Live and Well. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753- 5

Soekirman. (2014). Kuesioner Penelitian. In balita BGM. https://doi.org/10.1007/s13398-014- 0173-7.2

Svart, A. (2018). The use of live streaming in marketing.

Wagner, 2006. (1950). On the Scientific Relevance of “Imputation.” Ethics, 61(1), 69–73. https://doi.org/10.1086/290752

Wahyudi, D., & Djamaris, A. R. A. (2018). Metode Statistik Untuk Ilmu dan Teknologi Pangan. http://repository.bakrie.ac.id/1255/1/Ilmu Statistik ITP.pdf

Wohn, D. Y., & Freeman, G. (2020). Live Streaming, Playing, and Money Spending Behaviors in eSports. Games and Culture, 15(1), 73–88. https://doi.org/10.1177/1555412019859184


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/neliti-blue_02_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120_01 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/ios_perpus02_146 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/crossref-logo21_158

 

Editorial Office :

Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/logo_ub_-_dasar_terang_120

Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Rasuna Epicentrum, Kuningan. Jakarta Selatan 12920. email : [email protected]


http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/5ajamrit_t_01

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.