Strategi Pengembangan Pop Balado dengan Metode BMC

Wiwiet Tristiyanto Putra, Suwandi Suwandi

Abstract


Perubahan gaya hidup masyarakat yang membeli dengan cara online dibandingkan offlinemenjadi salah satu peluang tersendiri dan semakin tegas. BPS mencatat pada bulan April 2020, penjualan tertinggi dipegang Makanan dan Minuman yang melonjak tajam 1070% dari penjualan di bulan Januari 2020. Pop Balado adalah rencana bisnis yang berlokasi di Perumahan Sahara Indah Permai, Bekasi Utara; dengan penawaran produk makanan ringan berbalado kering yang khas dengan pembumbuan balado bukan dengan bubuk cabai instan, menggunakan platform digital yang ada saat ini (toko online,whatsapp, instagram, facebook, shopee, GoFood, dan GrabFood).Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif yang disusun berdasarkan informasi yang diperoleh dari studi literaturdan model bisnis yang diterapkan, dengan instrumen Business Model Canvas. Penilaian kelayakan rencana bisnis Pop Balado dilakukan dengan parameter analisis NPV, Payback Period, dan IRR. Dalam kelayakan bisnis, proyeksi arus keuangan selama lima tahun menunjukkan NPV positif sebesar Rp. Rp. 167.039.432dan IRR sebesar 45,09% dengan Payback Periodselama kurang lebih 1 Tahun 9Bulan.

Keywords


cassava snack, business plan, business model canvas, business thesis, NPV-IRR-PP

References


Bygrave, W., & Zacharakis, A. (2011). Entrepreneurship (2nd ed.). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Priyono, J.,&Syarbini, H. (2014), UKM Naik Kelas : Strategi Mengubah Usaha Kecil Minim Menjadi Usaha Kaya Miliaran. Solo : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Cet I,

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Multitama Communications. (2005). Are You an Entrepreneur?. Jakarta : Pustaka Inti.

Jurnal

Imam Purwantono & Suwandi (2019). “Rencana Bisnis Kuliner Bebek Blengong di Jakarta”. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI) Vol. 2 No. 2-Juni 2019: Hal 109-114

Rahmat Bagus Saputra & Suwandi (2019). “Rencana Bisnis Supplier Stocklot Pakaian Branded”. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI) Vol. 2 No. 3-Juli 2019: Hal 120-127

Eriyang, K., Oktari, R., Amanda, R., Anissa, S., Arindiani, S., Herawati, S., (2018). “Rencana Usaha Pengembangan Desa Wisata Kampung Tajur melalui YoLo (Youth-Based Local Tourism Indonesia)”. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI) Vol. 1 No. 4-Desember 2018

Suratman, I., Novico, R., Denia, R., Saraswati, S., Sanjaya, T. (2018). “Rencana Bisnis Pengembangan Usaha Aplikasi “Jetschool” Aplikasi Anti Bolos Sekolah”. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI) Vol. 1 No. 03-September 2018

Desyana & Suwandi (2019). “Rencana Bisnis Pengembangan Usaha Jasa AKI Kendaraan Berbasis Sistem Informasi”.Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI) Vol. 1 No. 1-Maret 2018: Hal 10-15

Ening Ariningsih (2016). “Peningkatan Produksi Ubi Kayu Berbasis Kawasan di Provinsi Jawa Barat dan Sulawesi Selatan”. Analisis Kebijakan Pertanian, Vol. 14 No. 2, Desember 2016: 125-148

Supriyanto(2009). “Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha”.Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 6 Nomor 1, April 2009

Indardi (2018). “Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembuatan Keripik Singkong Di Semuluh Kidul, Semanu, Gunung Kidul”. Jurnal Berdikari, Vol.6 No.1 Februari 2018

Rengganis, D., Mukti, G.W., Deliana, Y., Esperanza, D. (2018). “Model Bisnis Olahan Singkong pada Usaha Peyeum Abbas Sawargi Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung”. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, Volume 4 Nomor 2-Juni 2018: Hal 121-138

Sajari, I., Elfiana, Martina (2017). “Analisis Kelayakan Usaha Pada UD. Mawar di Gampong Batee Ie Liek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen”. Jurnal S. Pertanian, Volume 1 Nomor 2-2017: Hal 116-124

Pasau, M.A.B., Antara, M., Damayanti, L. (2015). “Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha Keripik Ubi Kayu pada Industri Pundi Masdi Kota Palu”. E-Jurnal Agrotekbis, Volume 3 Nomor 3-Juni 2015: Hal 402-408

Rukayah, I., Khaswarina, S., Edwina, S. (2015). “Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Singkong Primadona di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru”. Jom Paferta, Vol. 2 Nomor 2-Oktober 2015

Ismini (2010). “Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Keripik Singkong di Perusahaan Mickey Mouse di Malang”, AGRIKA,Volume 4Nomor 2-November 2010

Artikel

Lumbantoruan, M.(2018, Desember 2). Pentingkah Business Model Canvas BMC dalam Membangun Bisnis?. Dipetik April 10, 2020, dari https://medium.com/@martupalumbantoruan/pentingkah-business-model-canvas-bmc-dalam-membangun-bisnis-74a765594aba

Anonim.(2012, Februari 29). Segmentasi Pelanggan. Dipetik April 10, 2020, dari https://www.proweb.co.id/articles/manajemen/segmentasi_pelanggan.html

Anonim.(2019, Mei 25). Apa Itu Segmentasi Pasar dan Cara Menentukannya. Dipetik April 12, 2020, dari https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/segmentasi-pasar/

Hadi, G.(2017, Oktober 1). Apa yang Dimaksud dengan Value Propositions?. Dipetik April 12, 2020, dari https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-value-proposition/13577

Anonim.(2018, Oktober 17). Contoh Bisnis Model Canvas dan Cara Pembuatannya. DipetikApril 15, 2020, dari https://karinov.co.id/contoh-bisnis-model-canvas/

Silvira, H.(2012, April 24). Business Model Canvas. Dipetik April 15, 2020, dari https://www.kompasiana.com/hewynda/55100a9da33311c137ba7e34/business-model-canvas

Questibrilia, B.(2019, Agustus 5). Business Model Canvas : Pengertian dan Elemen-elemen yang Wajib Ada.Dipetik April 15, 2020, dari https://jojonomic.com/blog/business-model-canvas/

Stephanie, K.(2015, Januari 5). 5 Tips Agar Generasi Millenial Mau Membeli Produk Anda. Dipetik April 16, 2020, dari https://koinworks.com/blog/membeli-produk/

Rahmawan, A.(2017, April 16). Panduan Lengkap Menyusun Rencana Bisnis Menggunakan Business Model Canvas.Dipetik April 16, 2020, dari https://arryrahmawan.net/panduan-business-model-canvas/

Riyanto, T.(2015, Desember 10). Mengenal Business Model Canvas. Dipetik April 16, 2020, dari https://zahiraccounting.com/id/blog/mengenal-business-model-canvas/

Anonim.(2017, Mei 16). Pengertian Cost Structure. Dipetik April 16, 2020, dari https://www.proweb.co.id/articles/ultima-erp/cost_structure.html

Martina.(2018, Agustus 6). Pengertian dan Contoh Fixed Cost dan Variable Cost.Dipetik April 16, 2020, dari https://ukirama.com/blogs/pengertian-dan-contoh-fixed-cost-dan-variable-cost

Bella, A.(2017, Desember 18). Produsen, Kenali Kebiasaan Konsumsi Camilan Konsumen Indonesia. Dipetik April 17, 2020, dari https://marketeers.com/produsen-kenali-kebiasaan-konsumsi-camilan-konsumen-indonesia/

Katespade.(2019, Agustus 8). Contoh dan Macam Macam Segmentasi Pasar.Dipetik April 17, 2020, dari https://www.katespade-outlet.net/segmentasi-pasar/

Kurniawan, K.(2020, April 11). Contoh Segmentasi Pasar. Dipetik April 17, 2020, dari https://projasaweb.com/contoh-segmentasi-pasar/

Noviyanto.(2016, Juli 26). 7 Hal Yang Membuat Investor Tidak Mempercayai Anda.Dipetik April 24, 2020, dari https://koinworks.com/blog/7-hal-yang-membuat-investor-tidak-mempercayai-anda/

Febianty, V.D.(2010, Oktober 7). Psikologi Konsumen. Dipetik April 27, 2020, dari http://justseenthink.blogspot.com/2010/10/psikologi-konsumen.html

Anonim.(2016, Februari 10). Faktor Bawaan atau Lingkungan Pembentuk Kepribadian.Dipetik April 27, 2020, dari https://lifestyle.kompas.com/read/2016/02/10/150000123/Faktor.Bawaan.atau.Lingkungan.Pembentuk.Kepribadian

Anonim.(2014, Juli 15). Proses Psikologis dalam Perilaku Konsumen. Dipetik April 27, 2020, dari https://blog.ub.ac.id/langgeng/2014/07/15/presentation-international-marketing/

Wikipedia. (2020, Februari 27). Distribusi (Bisnis). Dipetik April 27, 2020, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Distribusi_(bisnis)

Anonim.(2019, Februari 9). Beberapa Manfaat Kegiatan Distribusi Bagi Produsen dan Konsumen.Dipetik April 29, 2020, dari https://www.jetgriyomapan.com/beberapa-manfaat-kegiatan-distribusi-bagi-produsen-dan-konsumen/

Baity, F.N.(2017, Maret 17). 10 Manfaat Menggunakan Bisnis Model Kanvas (BMC).Dipetik April 29, 2020, dari https://cintaihidup.com/10-manfaat-menggunakan-bisnis-model-kanvas-bmc/

Kampamba, J.(2015, Agustus). An Analysis of the Potential Target Market through the Application of the STP PrincipleModel.Dipetik Mei 1, 2020, dari https://www.researchgate.net/figure/Six-steps-of-evaluating-STP-Adapted-from-Kotler-Wong-Saunders-Armstrong-2005_fig1_281521878

Pingge, D.(2013, November 18). Filsafat Ilmu (Pendekatan Post Positivistik). Dipetik Mei 1, 2020, dari https://www.kompasiana.com/delupingge/552ad88af17e615848d6243a/filsafat-ilmu-pendekatan-postpositivistik

Anonim.(Edisi 35, Minggu II Juni 2020). Mengapa Berwirausaha.Tabloid Entrepreneur Ada Usaha, hal. 11.

Andry, T.(2017, Desember 30). 4 Tips Menerapkan Promosi Gratis Ongkir Tanpa Mengalami Kerugian.Dipetik Mei 2, 2020, dari http://entrepreneurcamp.id/gratis-ongkir/

Anonim.(2020, Januari 4).Implementasi Strategi Pemasaran STP pada Bisnis Online.Dipetik Mei 2, 2020, dari https://www.jurnal.id/id/blog/implementasi-strategi-pemasaran-stp-bisnis-online/

Anonim.(2018, Mei 16).Pajak Usaha: Ketahui Tarif dan Jenis Pajak untuk UKM dan UMKM.Dipetik Mei 2, 2020, dari https://goukm.id/pajak-ukm-dan-umkm/

Anonim.(2020, Juni 2020). BPS catat penjualan online melonjak tajam selama pandemi corona. Dipetik Juli 14, 2020, dari https://nasional.kontan.co.id/news/bps-catat-penjualan-online-melonjak-tajam-selama-pandemi-corona

Fitriya.(2020, Maret 2018). Mau Jadi Reseller atau Drop Shipper? Pelajari ini dulu. Dipetik Juli, 16, 2020 dari https://www.cermati.com/artikel/mau-jadi-reseller-atau-drop-shipper-pelajari-ini-dulu#:~:text=Nah%2C%20reseller%20adalah%20orang%20menjual,harus%20menyetok%20barang%20terlebih%20dahulu.

Anonim.(2020, Juni 2020). BPS catat penjualan online melonjak tajam selama pandemi corona. Dipetik Juli 14, 2020, dari https://nasional.kontan.co.id/news/bps-catat-penjualan-online-melonjak-tajam-selama-pandemi-corona

Anonim.(2020, 16 Oktober 2018). Bisnis Keripik Singkong Memiliki Market Yang Luas Dengan Modal Minim.Dipetik Juli 30, 2020 dari https://wiratech.co.id/bisnis-keripik/


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/neliti-blue_02_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120_01 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/ios_perpus02_146 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/crossref-logo21_158

 

Editorial Office :

Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/logo_ub_-_dasar_terang_120

Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Rasuna Epicentrum, Kuningan. Jakarta Selatan 12920. email : redaksi.jemi@bakrie.ac.id


http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/5ajamrit_t_01

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.