VISI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN DI CIREBON

Ida Ri’aeni

Abstract


Pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibilty) menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan operasional perusahaan. Karenanya, perlu dilakukan penilaian bagaimana efektivitas pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan tersebut. Aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan akan memiliki berbagai dampak terhadap lingkungan internal maupun lingkungan eksternal perusahaan. Saat ini perusahaan dituntut untuk mengelola program CSR yang memiliki dampak kegiatan dalam memungkinkan terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainability development). Pembangunan berkelanjutan tersebut tentunya hanya akan dapat diraih apabila perusahaan–perusahaan melakukan pengelolaan dampak operasi pada tiga tataran dampak: ekonomi, sosial dan lingkungan. Kegiatan CSR juga umumnya tak lepas dari peran divisi hubungan masyarakat atau Public Relations (PR) untuk melibatkan diri mengatasi    persoalan-persoalan sosial di lingkungan perusahaan.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik penggalian data melalui kajian pustaka dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui dan melakukan perbandingan program-program CSR (Corporate Social Responsibilty) yang memiliki visi pembangunan berkelanjutan (sustainability development) yang dilaksanakan oleh beberapa perusahaan di Cirebon. (2) mengetahui peran divisi hubungan masyarakat atau Public Relations (PR) dalam melaksanakan program CSR (Corporate Social Responsibilty) yang memiliki visi pembangunan berkelanjutan (sustainability development). Objek penelitian ini adalah Bank Indonesia Cirebon dan PT Indocement Tunggal Perkasa, Palimanan Cirebon.

Kata kunci: pembangunan berkelanjutan (sustainability development), CSR (Corporate Social Responsibilty, Hubungan Masyarakat (public relation)

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.