PENGARUH KEMASAN RAMAH LINGKUNGAN DAN INFORMASI TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI KONSUMEN AMDK KOTA SEMARANG)

Honorata Ratnawati Dwi Putranti, Suparmi Suparmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang efek pemasaran hijau dan informasi pada perilaku pembelian ulang konsumen.Alat komunikasi yang berupa informasi masih menjadi perdebatan apakah berpengaruh terhadap minat beli ataukah tidak.  Populasi akan diambil dari Konsumen yang pernah membeli AMDK (Ades dan teh kotak) di kota semarang periode tahun 2015. Metode sampel yang akan digunakan adalah   non probability sampling menggunakan sampel Kuota. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang akan menguji antar variabel. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda dengan alat SPSS 17. Dan menambah dengan analisa diskriptif. Sampel yang digunakan 160 dari 16 kecamatan di Kota Semarang.

Tidak ada pengaruh signifikan kemasan ramah lingkungan dengan minat beli ulang produk . Hipotesis ke dua ada pengaruh signifikan informasi dan minat beli ulang AMDK di kota semarang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada penulis untuk dapat mengembangkan  pengetahuan konsep  konsumen    hijau  (green consumerism). Kepada pelaku  pemasaran dapat lebih mengembangkan ketersedianya kemasan ramah lingkungan (enviromentally friendly packaging), dan mengembangkan market share yang lebih luas.

Kata kunci : Green marketing, Kemasan Ramah Lingkungan , informasi, Keputusan pembelian ulang

This study aims to provide information on the effects of green marketing and information on the consumer repeat purchase behavior. Consumers will be drawn from the population ever buy bottled water (Ades and teh Kotak) in Semarang period of 2015. The sampling method to be used is non-probability sampling using quota sampling. This study uses a quantitative research approach that will test between variables. The analytical tool used multiple linear regression with SPSS tool 17. And to add to the descriptive analysis. The sample used 160 of the 16 districts in the city of Semarang . No significant effect of environmentally friendly packaging with product buying interest re. The second hypothesis is no significant influence of information and buying interest re-bottled drinking water in the city in Semarang.  Results from this study are expected to provide benefits to the writer to be able to develop the knowledge of the green consumer concept (green Consumerism). Marketing principals to further develop environmentally friendly products availability (enviromentally friendly packaging), and develop a broader market share.

Keyword : Green Marketing, enviromentally friendly packaging, information, repeat purchase buyer


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.