KOMPOSTER MANDIRI SEBAGAI BENTUK PEMBERDAYAAN BANK SAMPAH RW 01 Di KELURAHAN CISALAK DEPOK, JAWA BARAT

Sirin Fairus, Mirsa Diah Novianti, Prismita Nursetyowati, Aqil Azizi

Abstract


Pengelolaan sampah mutlak diperlukan mengingat dampak buruknya bagi kesehatan dan lingkungan. Sampah menjadi tempat berkembangbiaknya organisme penyebab dan pembawa penyakit. Sampah juga dapat mencemari lingkungan dan mengganggu keseimbangan lingkungan. Upaya pertama dalam pengelolaan sampah secara terpadu adalah pemilahan yang dilakukan mulai dari sumber penghasil sampah, baik dari rumah tangga, pasar, industri, fasilitas umum, daerah komersial dan sumber lainnya. Sampah sebetulnya memiliki nilai ekonomi apabila dikelola dengan baik. Sampah dapat diolah menjadi energi baru dalam berbagai bentuk, misalnya, kertas daur ulang atau pupuk kompos. Untuk itu, perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat mengenai langkah-langkah pencegahan, pembatasan timbulan sampah, tata cara pemilahan dan penanganan sampah sejak di rumah serta teknik pengolahan sampah sederhana seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Kegiatan reduce, reuse, dan recycle (3R) atau batasi sampah, guna ulang sampah dan daur ulang sampah adalah segala aktivitas yang mampu mengurangi segala sesuatu yang dapat  menimbulkan sampah, kegiatan penggunaan kembali sampah yang layak pakai untuk fungsi yang sama atau fungsi yang lain, dan kegiatan mengolah sampah untuk dijadikan produk baru. Pengelola bank sampah, yang merupakan penggerak sosial, menjadi salah satu ujung tombak dalam penanangan masalah sampah di masyarakat. harus bisa menjadi penggerak sosial. Tujuan kegiatan adalah mengedukasi warga mengenai penerapan konsep 3R melalui workshop penanganan sampah sejak dari rumah dan peningkatan keanggotaan bank sampah dan mensosialisasikan pemanfaatan “Komposter Mandiri” yang diterapkan pada para anggota komunitas bank sampah. Lokasi kegiatan di salah satu RW di daerah Depok, yakni RW 01, Kelurahan Cisalak.


Keywords


BanK Sampah, Komposter Mandiri, Manajemen Sampah, Program 3R

References


Oh, S. T., Kang, S. J., Azizi, A. 2018. Electrochemical communication in anaerobic digestion. Chemical Engineering Journal.

Azizi A., Kim W., Lee JH. 2016. Comparison of microbial communities during the anaerobic digestion of Gracilaria under mesophilic and thermophilic conditions. World J Microbiol Biotechnol 32:158.

Lee JW., Kwon KK., Azizi A., Oh HM., Kim W., Bahk JJ., Lee, DH. 2013. Microbial community structures of methane hydrate-bearing sediments in the Ulleung basin, East Sea of Korea, Mar Petrol Geol. 47:136–146.

Sugiharti Y., Azizi A., Su’udi M. 2013. Proteins that interact with rice pumilio1. ScienceAsia 39: 615-619


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi IJSR

LPkM - Kampus Universitas Bakrie, Jl. H.R Rasuna Said Kav C-22,Kuningan, Jakarta Selatan - 12920 Indonesia

Email : [email protected]